BANYUASIN, GP – Salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Banyausin, Caranya adalah dengan melakukan rapid test antigen di Dinas Kesehatan Banyuasin, Rabu (21/07).Rapid tes antigen ini dilakukan Kasatpol PP Drs. H. Indra Hadi, M.Si bersama jajarannya.

“Hari ini saya bersama jajaran Satpol PP melakukan rapid test antigen di Dinas Kesehatan Banyuasin.Yakinkan diri kita bebas Covid,” kata Kasat Pol PP Banyuasin Drs. H. Indra  Hadi, M.Si kepada garudapost.com disela – sela kegiatan tersebut.

Dikatakan Indra Hadi, bahwa untuk mempercepat pendeteksian secara dini pencegahan penularan Covid-19 dan memastikan kondisi dalam keadaan sehat dan tidak reaktif terhadap virus. dikarenakan Selama Masa Pandemi Satpol PP merupakan Garda Depan yang bertugas menangani Covid-19 Bersama jajaran samping lainnya.

“Proses rapid test antigen ini dilakukan dengan cara bergantian dan tetap menjalankan Protokol Kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin,” ujar dia.

Dkesempatan yang sama Kabid Tibumtram Satpol PP Banyuasin Bustanil Arifin, S.Sos., M.Si menambahkan bahwa rapid tes antigen ini dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat Banyuasin.

“Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 179 Tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease-2019.,” Ujar Bustanil sapaan akrabnya.

Rapid test yang dilakukan petugas medis Dinas Kesehatan dengan mengambil sampel darah terhadap puluhan personel Sat PolPP Banyuasin ini, dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, mengingat anggota Sat PolPP sebagai salahsatu garda terdepan pencegahan Covid-19.

“Seperti yang kita ketahui, jika anggota kita kerap turun ke lapangan untuk senantiasa melakukan penegakan terkait Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19,”ungkap Bustanil yang dikenal selalu aktif melakukan razia yustisi dalam rangka penegakan Prtokol kesehatan.

Menurut Bustanil, para anggota Sat Pol PP Banyuasin yang menjalani rapid test ini apabila hasilnya ada ditemukan reaktif atau terpapar, maka akan ditindaklanjuti oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuasin.

“Karena anggota kita yang bertugas di sini dia kan kembali ke keluarga masing-masing, jadi untuk memastikan diri saat masuk ke keluarganya, mereka dalam kondisi yang sehat. Untuk anggota Sat PolPP yang menjalani rapid test ini ada kurang lebih puluhan orang petugas,” jelas dia.

Lebih jauh Bustanil mengatakan, dengan pelaksanaan rapid test antigen yang ditujukan sebagai langkah pencegahan Covid-19, pihaknya tetap mengajak seluruh anggota Satpol PP dan masyarakat untuk selalu mematuhi Prokes Covid-19.

“Harapan kita, ini bisa menjadi upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di instansi Sat PolPP Banyuasin, sesuai dengan Protapnya. Juga ini sebagai upaya pengamanan, baik itu dari anggota Sat PolPP sendiri maupun orang yang berhubungan dengan Satpol PP.,” Pungkas dia. (Adm).