BANYUASIN, GP — Upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus dilakukan oleh anggota Polsek Sungsang Brigadir Amdani dengan memberikan imbauan serta sebar Maklumat Kapolda Sumsel tentangan larangan Karhutla di wilayah Hukum Polsek Sungsang Polres Banyuasin.

Meskipun cuaca sering Hujan Brigadir Amdani tetap mengajak warga agar sama menjaga lingkungan sekitar dari bahaya Karhutla. Dia juga memberikan sosialisasi tentang dampak dan bahaya membakar hutan atau lahan, serta sanksi pidana dari membakar hutan atau lahan.

“Kita sambangi warga untuk meningkatkan komunikasi serta menyampaikan imbauan terkait larangan karhutla. Pada prinsipnya mereka mendukung kegiatan ini dan akan bersama sama menjaga hutan agar tidak sampai terjadi kebakaran di wilayahnya,” ungkap Brigadir Amdani.

Anggota Polsek Sungsang Brigadir Amdani juga dalam giat tersebut turut menjelaskan asap akibat karhutla memiliki dampak negatif bagi kesehatan manusia.”Kita juga membagikan maklumat Kapolda Sumsel kepada masyarakat tentang Larangan Karhutla,” jelas dia.

Dari pantauan yang dilakukannya, Brigadir Amdani memastikan penyebaran maklumat tersebut berjalan dengan baik dan kondisi hutan dan lahan sekitar aman dari Karhutla

Sementara Kapolsek Sungsang Iptu Bambang Wiyono mengatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan dalam melaksanakan giat Sosialisasi dan Penyebaran Maklumat Kapolda Sumsel tentang Karhutla kepada warga masyarakat.

“Kita juga menyampaikan isi dari Maklumat Kapolda Sumsel yakni
Larangan pembakaran lahan. Dampak pembakaran hutan yaitu kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan akibat asap, gangguan terhadap kegiatan masyarakat dan citra bangsa di dunia Internasional,” ungkap Kapolsek Iptu Bambang Wiyono.

Dengan penyampaian maklumat Kapolda Sumsel tentang larangan Karhutla ini diharapkan masyarakat Sungsang dapat bekerjasama dengan Polri. “Jika ada tanda-tanda Karhutla maka segera laporkan ke Polsek Sungsang agar segera ditindak lanjuti,” pungkas dia. (Adm)