Beranda Ekobis Warga Dukung Penyelesaian Jalan Tol dan Jalan Sudah Ditumbuhi Semak Belukar

Warga Dukung Penyelesaian Jalan Tol dan Jalan Sudah Ditumbuhi Semak Belukar

Solusi Cegah Kecamatan di Jalintim

53
0
BERBAGI

BANYUASIN, GP — Masyarakat Kabupaten Banyuasin mendukung penuh percepatan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Palembang-Betung. Pasalnya, jalan tersebut bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Talang Kelapa yang sering terjadI saat ini.

“Ruas jalan penghubung Palembang- Betung yang ada selama ini sudah tidak mampu lagi menampung kendaraan yang begitu banyak. Akibatnya ruas jalan tersebut kerap mengalami kemacetan yang luar biasa. Jadi Kami sangat mendukung percepatan penyelesaian jalan tol,” ujar Yayan, warga Talang Kelapa, Kamis (05/09).

Kata dia, ruas jalan Palembang – Betung saat ini betul-betul kemacetannya luar biasa. Seharusnya waktu tempuh hannya dengan 25 menit saja. Akibat macet bisa mencapai dua sampai tiga jam. “Kalau jalan tol itu sudah bisa digunakan, kami yakin tidak akan ada lagi Kemacetan di jalan raya Palembang-Betung khususnya di Talang Kelapa,” beber dia.

Sementara itu, dalam penjelasannya, Edi dan Tomi selaku Tim Lahan pada PT Waskita Sriwijaya Tol, untuk pengerjaan jalan tol Palembang-Betung masih menunggu petunjuk dan arahan dari pusat dan saat ini mereka masih fokus penyelesaian jalan tol Palembang-Kayu Agung yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Ir. H. JOKO Widodo akhir September 2019 nanti.

Saat ini Total luas lahan Kabupaten Banyuasin = 2.037.675,57 m². Jumlah persil sebanyak = 421.Pada tahap pertama yang telah dilaksanakan, Lahan yang Belum dilaksanakan pembebasan untuk jalan tol Palembang-Betung sebanyak = 602.004,04 m² (44 persil) dan Lahan yang telah dilakukan pembebasan sebanyak = 1.435.475,53 m² (377 persil),” jelas dia.

Kata dia, lahan yang telah dilaksanakan pembebasan tersebut telah dilakukan Land Clearing, akan tetapi kondisinya saat ini sudah ditumbuhi semak belukar lagi dikarenakan telah ditinggalkan selama lebih kurang 2 tahun semenjak sudah dilakukan land clearing. “Belum ada intruksi soal kelanjutannya,” kata dia.

Harapan masyarakat Banyuasin agar proyek strategis nasional pembangunan jalan tol Palembang-Betung tersebut secepatnya terealisasi agar masyarakat terhindar dari kemacetan setiap harinya. “Kami harap segera dilaksanakan lagi, Sebab jalan Palembang-Betung macetnya sudah kelewat batas,” singkat Doni, warga Pangkat Balai.

Dari Pantauan Media ini, dukungan percepatan Pembangunan Jalan Tol itu diberikan masyarakat Banyuasin dalam bentuk spanduk. Masyarakat sudah bosan dengan Kemacetan yang sering terjadi di Jalintim. (Adm)