Beranda Pendidikan Ujian Semester Genap Dilaksanakan 5 Hari

Ujian Semester Genap Dilaksanakan 5 Hari

41
0
BERBAGI

BANYUASIN, GP – Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin sudah mengeluarkan surat edaran terkait penyelenggaran penilaian ujian akhir semester tahun pembelajaran 2018/2019.

Surat bernomor 420/2352/ Disdikporapar tersebut sudah diedarkan disetiap koordinator wilayah (Korwil) Disdikporapar di tingkat kecamatan, lalu surat tersebut disebar luaskan kepada satuan pendidikan baik SD maupun tingkat SMP negeri maupun swasta.

Dalam surat ditandatangani oleh Kepala Disdikporapar Kabupaten Banyuasin Drs. HM Yusuf. M.Si bahwa pelaksanaan penilaian akhir semester ganjil akan diselenggarakan selama lima hari mulai dari tanggal 10 hingga tanggal 14 Desember 2018.

Dalam penjelasannya, bahwa pelaksanaan penilaian ujian praktek akhir semester sebelum dilaksanakan ujian teori oleh siswa, tempatnya di masing-masing satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta.

Sedangkan materi soal, kata dia, disesuaikan dengan kurikulum, karena untuk sekarang ada dua kurikulum dipakai oleh satuan pendidikan, ada yang memakai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) maupun kurikulum 2013 (K-13).

Bagi sekolah yang sudah melaksanakan implementasi kurikulum 2013 semua, soalnya harus disesuaikan dengan kurikulum baru. “Soal dibuat langsung oleh para guru sesuai dengan mata pelajaran sekarang atau tema,” tegas dia.

Menurut dia, sedangkan bentuk soal untuk satuan pendidikan SD berbentuk pilihan ganda 32 hingga 40 soal, untuk essay berstruktur sebanyak 5 soal. Demikian juga untuk satuan pendidikan SMP terdiri dari pilihan ganda 35 hingga 40 soal dan untuk essay tetap 5 soal.

“Untuk kurikulum antara SD dan SMP sama, bagi sekolah yang sudah menyelenggarakan K-13 soalnya semua dari materi K-13 atau sistem tema, kalau KTSP tahun 2005 disesuaikan dengan mata pelajarannya,” kata dia.

Sebenarnya, agenda ujian akhir semester memang sudah menjadi kebutuhan sekolah setiap semester, sehingga sejumlah satuan pendidikan sudah memahami tentung isi sekaligus kalender pendidikan yang sudah dibuat oleh Disdikporapar Banyuasin.

Hanya saja diharapkan, agar sekolah tetap mematuhi aturan dan prosedur operasional standar dalam memberikan penilaian terhadap hasil ujian siswa, karena memang sudah ada rumusannya baik untuk tingkat SD maupun tingkat SMP. (Adam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here