BANYUASIN, GP- Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Lancang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, menyiapkan jaringan wifi gratis bagi warganya. Jaringan wifi itu diharapkan bisa membantu terutama siswa saat belajar online atau daring dimasa pandemi Covid-19.

Kepala Desa Lubuk Lancang Rusdi Tamrin mengatakan, kebijakan itu dilakukan sebagai upaya mempermudah pelayanan masyarakat terkhusus untuk memudahkan siswa yang kesulitan belajar online sejak pandemi Covid-19.

“Setiap warga bisa menikmati wifi geratis yang kita siapkan di Kantor Desa Lubuk Lancang, disamping mempermudah pelayanan bagi masyarakat, ini juga sebagai upaya membantu siswa dimasa pandemi Covid-19 yang belajar secara daring,” ujar Ketua Forum Kades Kecamatan Suak Tapeh ini.

Pengadaan jaringan wifi gratis di Desa itu telah dilaksanakan sejak Senin (13/10/21) kemarin.

Sejak pandemi Covid-19, para siswa di Desa Lubuk Lancang, harus melakukan kegiatan belajar secara daring, untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

Namun, tidak sedikit siswa yang terkendala akses internet, keterbatasan biaya, dan sarana serta prasarana.

Pemdes Lubuk Lancang berharap ketersediaan fasilitas internet gratis bisa mengoptimalkan kegiatan belajar online para siswa juga pelayanan bagi masyarakat.

“Meski demikian, kita berharap semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dari Kabupaten Banyuasin dan Dunia umumnya. Kami berharap ini bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” tambah dia.

Sementara itu Camat Suak Tapeh, Sashadiman Ralibi mengapresiasi Pemdes Lubuk Lancang yang melakukan trobosan perdana di Kecamatan Suak Tapeh yang memasang Wi-Fi internet geratis bagi warga desa.

“Ini yang pertama dilakukan di Kecamatan Suak Tapeh, langkah yang baik untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan membantu siswa belajar. Semoga ini bisa diikuti oleh Pemdes lainnya,” tutup dia. (Adm)