Muara Enim, GP – Seakan tidak mengenal lelah, Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M.,(HNU) setibanya di Muara Enim, setelah berhasil mengikuti sidang promosi doktor di Universitas Borobudur jakarta, Rabu malam (17/03/2021) langsung meninjau  RSUD dr. H.M. Rabain yang tadi pagi sempat terbakar.

Didampingi Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim, Drs. Emran Tabrani, M.Si., dan Direktur RSUD H.M. Rabain, dr. Hendri Yatno, Kepala BPBD, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abdurrozieq Putra, S.T., M.T., Camat Muara Enim, Syarifuddin, AP. M.Si., Sekretaris Diskominfo, Ely Sardani,SE serta Kabag Prokopim Setda Muara Enim, Deni Fedrian, S.STP.  dan perangkat daerah terkait, Plh Bupati melihat langsung keadaan ruang panel listrik  di lantai 2 yang diduga merupakan tempat awal api bermula.

Dijelaskan oleh Direktur RSUD bahwa kebakaran diduga berasal dari ruang panel listrik di lantai 2 akibat korsleting dari panel listrik suplai daya bebas gangguan (uninterruptible power supply/UPS) sehingga terbakar. Akibat kebakaran ini, asap memenuhi beberapa bagian gedung utama sehingga sempat menyebabkan kepanikan petugas dan pasien.

“Beruntung dalam kejadian itu Tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP),BPBD,ditambah Damkar PTBA serta bantuan personel Polres Muara Enim yang dikomando langsung Kapolres dan Wakapolres dengan sigap langsung memadamkan api sebelum sempat membesar dan mengevakuasi para pasien rawat inap dari RSUD ke  halaman Polres Muara Enim.”Ucap dr Hendri.

Plh. Bupati Haji Nasrun Umar dalam kunjungannya meninjau tempat kejadian menyampaikan rasa duka atas kejadian kebakaran ini, namun beliau meminta kepada pihak RSUD HM.Rabain agar kejadian ini sebisa mungkin tidak mengganggu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dengan kata lain pasien tetap tertangani dengan baik.

“Kita berharap kedepannya piihak RSUD untuk lebih berhati-hati dan terus memonitor secara rutin sistem keamanan dan tanggap darurat bencana rumah sakit, mengingat RSUD merupakan unit layanan masyarakat yang vital serta terdapat banyak orang didalamnya.”ujar HNU.

Sementara secara khusus kepada Kapolres AKBP. Danny H.A.B Sianipar dan Wakapolres Kompol Agung AP beserta jajarannya, HNU mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan serta kesigapannya sehingga tidak menimbulkan kerusakan materil lebih besar dan korban jiwa dapat dihindari.

“Kesigapan dari pihak Kepolisian Polres Muara Enim sangat kita akui,dengan bekerja sama dengan Tim lainnya sehingga musibah besar dapat dihindari,Trimakasih dan Brapo untuk Polres Muara Enim dan Tim lainnya.”pugkas HNU. (Asep)