Beranda Pendidikan Tingkatkan Partisipasi Pemula, KPU Banyuasin Berikan Pendidikan Politik Kepada Siswa SMA

Tingkatkan Partisipasi Pemula, KPU Banyuasin Berikan Pendidikan Politik Kepada Siswa SMA

41
0
BERBAGI

BANYUASIN, GP  — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuasin memberikan sosialisasi Pilpres dan Pileg 2019 mendatang di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) ,satu diantaranya di SMAN 2 Plus Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin. Rabu (23/10).

“Sosialisasi di sekolah memang tengah gencar dilakukan KPU Kabupaten Banyuasin sebagai penyelenggara pemilu.Sosialisasi di sekolah, gencar kita lakukan. Di beberapa sekolah kami berikan sosialisasi untuk kelas XII,” kata Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Banyuasin Salinan, S.Sos, M.Si.

Sebab, kata dia, siswa kelas XII merupakan para pemilih pemula yang potensial‎. Dengan diberikan sosialisasi, kata dia akan semakin meningkatkan partisipasi pemilih. Selain itu juga, sekaligus menjadi satu langkah memberikan pendidikan politik kepada siswa.

Pemilih pemula ini, kata dia memiliki potensi yang luar biasa. Karena jumlahnya yang tidak sedikit. Apalagi, berkaca dari pemilu sebelumnya, banyak pemilih pemula yang bersikap apatis, masa bodoh, dan enggan menggunakan hak pilihnya, akibatnya banyak yang golput. “Sosialisasi ini menyasar sejumlah pemilih pemula yang diantaranya sebagian besar sudah berumur 17 tahun ke atas,” ujar dia.

Dalam kesempatan ini, dia mengimbau kepada seluruh siswa yang sudah berusia 17 tahun untuk segera melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e KTP) ” Mereka juga kami imbau untuk melakukan pengecekan daftar pemilih bagi yang sudah punya e-KTP di masing-masing kelurahan/desa atau bisa juga lewat aplikasi KPU RI berbasis android,” sebut dia.

Selain itu, dia mengaku, memberikan pemahaman dan dorongan kepada siswa para siswa agar menolak segala bentuk tindakan yang dapat mencederai proses demokrasi. Seperti untuk tidak membuat berita hoax, issu SARA, politik uang, intimidasi, golput, dan kekerasan. (Adam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here