Beranda Pemerintah Tiga Profesor Malaysia Siap Bantu Pemanfaatan Citra Satelit

Tiga Profesor Malaysia Siap Bantu Pemanfaatan Citra Satelit

15
0
BERBAGI

BANYUASIN, GP  — Tiga Profesor Malaysia menyatakan berminat melakukan kerjasama memberikan akses citra satelit dalam memantau iklim, kebakaran hutan dan lahan, pemantauan perkebunan, pertanian kelautan dan tata ruang di Kabupaten Banyuasin.

Hal ini disampaikan saat kunjungannya ke Kabupaten Banyuasin, Selasa (06/11).

Ketiga Profesor dari Universitas Tenaga Nasional Malaysia ini yaitu Kepala Lembaga Infrastruktur Energi Uniten Dr. Fathoni Usman, ST., M.Eng.,IPM., Direktur Pascasarjana Uniten Dato’ Prof. Dr. Norashidah., Direktur Lembaga Infrastruktur Energi Uniten Prof. Dr. Rahayu Che Omar.

Mereka didampingi Ahli Survey dan Pemetaan GIS Annisa Kurnia Shalihat, S.Si., M.Sc., dan Dosen Perencanaan Wilayah Universitas IGM Zaenal Muttaqin, ST., M.Si.
Kedatangan tamu dari negeri jiran ini disambut Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin Ibrahim, ST., MM. MBA.

“Selamat datang di Bumi Sedulang Setudung. Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang memiliki banyak kesamaan, sama-sama bangsa Melayu, bahasa yang relatif sama juga sama-sama negara mayoritas penduduknya Islam,” ucap Erwin

Dikatakan Erwin, kedatangan Akademisi dari Malaysia ini dalam rangka berbagi pengetahuan serta meningkatkan pemahamam dan mempelajari kebijakan-kebijakan publik yang telah diterapkan di Banyuasin.

“Lalu berdialog tentang apa saja yang telah dicapai oleh Pemkab Banyuasin serta inovasi-inovasi ke depan yang akan dilakukan oleh Pemkab Banyuasin, serta mempererat silaturahmi dan hubungan kerjasama antara Pemkab Banyuasin dengan Universitas Tenaga Nasional Malaysia,” jelas Erwin

Menurut Dr. Fathoni Usman, ST., M.Eng., IPM., Pemanfaatan data Citra Satelit sangat penting dalam rangka mendukung pembangunan daerah yang maksimal. Mengingat dari luasnya daerah Kabupaten Banyuasin maka data Citra Satelit sangat penting dalam mendukung kebijakan perencanaan pembangunan daerah baik oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pemanfaatan Data Citra Satelit bukan hanya untuk perencanaan pembangunan daerah bisa juga untuk kepentingan berbagai sektor.
Acara yang digelar di Ruang rapat Dinas Kominfo Banyuasin ini diisi dengan pengenalan potensi Banyuasin dan dilanjutkan dengan dialog.

Pada kesempatan itu rombongan memyempatkan menemui Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet dilanjutkan mengunjungi Ruang Pusat Pelayanan Publik Sembilang, dan Data center Infrastruktur Internet di Kantor Bupati Banyuasin.

Turut mendampingi Sekretaris Dinas Nopran, S.Pd., M.Si., Kabid InfraTIK Irham Wijaya, SH, Kabid PDIPS Rinawati, S.Sos., Kabid Layanan Egovernment Libriliana, M.Kom, Perwakilan Dinas Perkimtan, Perwakilan BPBD Kesbangpol, Perwakilan Bappeda, Perwakillan Dinas Kesehatan. (Adam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here