MUARA ENIM, GP — SD Negeri 06 Gunung Pegang desa Perjito kecamatan Gunung Megang kabupaten Muara Enim terus berbenah dan membuat Program Khusus (PK) guna membidik predikat sekolah adiwiyata tingkat kabupaten Muara Enim.

Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung penilaian, salah satunya adalah merubah tampilan sekolah supaya terlihat indah dan nyaman.

Kepala SD Negeri 06 Gunung Megang Asmeri Emilia, mengatakan sekolahnya sedang bergerak mempersiapkan diri untuk maju dalam Adiwiyata tingkat kabupaten pada tahun 2021ini, maka itu pihaknya terus berbenah untuk menggapai predikat tersebut.

“Kegiatan adiwiyata merupakan kegiatan yang sifatnya edukasi, partisipasi, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah, siswa, komite, dan orang tua terkait perilaku pelestarian dan penghijauan lingkungan. Maka itu, kita terus berbenah demi mewujudkan semua itu,”ungkapnya, Selasa (29/06/2021) pada media ini.

Lanjutnya, target ini juga mereka lakukan agar menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi anak didiknya.

“Target kegiatan membuat sekolah asri, bersih, hijau, dan nyaman sehingga menjadi rumah kedua,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengakatakan upaya dimulai dengan perencanaan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang disesuaikan dengan kondisi nyata sekolah. Sekolah memperkuat inovasi-inovasi dalam bidang lingkungan.

“Kami melakukan inovasi pengelolaan sampah dengan pemilahan sampah organik dan non organik. Sampah organik dimanfaatkan sebagai kompos dan sampah non organik didaur ulang sebagai kreasik (kreasi sampah kemasan), ecobrick, kreasi stem barang bekas, pot botol plastik, dan sebagainya,”pungkasnya. (Red)