Beranda Pendidikan Tahun Ini, Semua SMK di Banyuasin Gelar UNBK

Tahun Ini, Semua SMK di Banyuasin Gelar UNBK

31
0
BERBAGI

BANYUASIN, GP – Semua sataun pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik negeri maupun swasta di Kabupaten Banyuasin pada tahun pembelajaran 2018/2019 sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baik negeri maupun swasta.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Banyuasin, Drs. Muhammad Syafwan. MM mengakui, satuan pendidikan SMK baik negeri maupun swasta di Kabupaten Banyuasin jumlahnya mencapai 19 unit, baik yang sudah melaksanakan maupun yang akan melaksanakan UNBK.

Kalau tahun lalu, kata dia, jumlah SMK penyelenggara UNBK sebanyak 16 unit, sedangkan untuk tahun pembelajaran 2018/2019 bertambah tiga unit. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah SMK yang ada di 19 kecamatan dalam Kabupaten Banyuasin hingga akhir tahun 2018.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan 19 kepala SMK untuk penyelenggaraan UNBK, sehingga tidak ada lagi di Banyuasin SMK yang menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) atau ujian nasional secara manual. Semuanya berbasis komputer,” ucap dia saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (08/01).

Tiga SMK yang baru kali pertama menyelenggarakan UNBK untuk tahun pertama seperti SMKN 1 Muara Telang, SMK Muhammadiyah Muara Sugihan dan SMKN 1 Tungkal Ilir. “Artinya sudah 100 persen SMK yang melaksanakan UNBK di Kabupaten Banyuasin,” tegas dia lagi.

Dia mangakui, tiga SMK yang baru menyelenggarakan UNBK karena mereka baru memiliki kelas XII tahun pembelajaran 2018/2019, karena sebelumnya mereka masih baru berdiri atau berdirinya baru dua tahun, dan masuk tahun ke tiga. Namun mereka sudah menyatakan siap UNBK, makanya sudah mengusulkan diri ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk jadwal pelaksanaan UNBK sudah dikantongi oleh masing-masing satuan pendidikan SMK se Sumatera Selatan, sebab jadwalnya sudah beredar dikalangan sekolah sesuai dengan ketetapan dan petunjuk teknis dari Kementrain Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Sesuai jadwal dari Kemendikbud RI, jadwal UNBK SMK akan diselenggarakan selama empat hari, mulai tanggal 25, 26,27 dan 28 Maret 2019. “Jadwal tersebut memang sudah resmi diterima oleh masing-masing satuan pendidikan SMK,” pungkas dia.

Untuk peserta UNBK masih terus divalidasi oleh sekolah untuk memvalidkan peserta, karena jumlah peserta harus diperbaiki secara keseluruhan, sehingga untuk data tetapnya masih dalam perbaikan. “Nanti dalam waktu dekat data peserta ujian akan diperoleh,” kata dia. (Adam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here