BANYUASIN, GP – Ketua KTNA Kabupaten Banyuasin Sukardi, SP bersilaturahmi┬ádengan beberapa kelompoktani di Kecamatan Sembawa, sekaligus menyerahkan bantuan benih dan bibit sayur mayur serta saprodi lainnya, Minggu (25/07).

“Alhamdullillah hari ini didampingi  Pengurus KTNA Kabupaten Banyuasin Kanda Jamharis dan Kanda Saleh Sediana dan juga Ketua KTNA Kecamatan Sembawa Dek Sriyatun berkesempatan bersilaturahmi dengan beberapa kelompoktani di Kecamatan  Sembawa,” ucap Sukardi yang juga selaku Anggota DPRD Banyuasin. 

Dalam kesempatan yang baik itu Sukardi juga menyerahkan bantuan benih dan bibit sayur mayur serta saprodi lainnya kepada beberapa kelompok tani di Kecamatan Sembawa.”Dukung Program Bupati Pemanfaatan Lahan Pekarangan guna menghasilkan sayur-sayuran yang higienis dan segar serta bergizi,” ungka dia.

Menurut Sukardi, bantuan ini diprioritaskan untuk kelompok tani dari keluarga pra sejahtera.”Harapannya, lewat aktivitas ini bisa membantu kecukupan makanan pokok warga pra sejahtera. Mereka juga kami ajarkan cara bertanam di lahan terbatas, kalau butuh bibit tanaman lain kami siap bantu,” imbuh dia.

Selain itu, lanjut dia, KTNA Kabupaten Banyuasin juga akan membuat program pembudidayaan tanaman hias dengan melibatkan warga pra sejahtera. Mereka akan dibantu bibit tanaman hias untuk dikembangkan.”Tanaman hias itu ada manfaat ekonomisnya sebagai cikal bakal usaha mereka, sehingga bisa menambah pendapatan mereka,” ujar dia.

Dia juga mengatakan bahwa pandemi Covid -19 tidak hanya menjadi ujian kekuatan ekonomi, namun juga masalah pangan. Maka, KTNA Kabupaten Banyuasin mendorong peran keluarga dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Setiap keluarga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri. Selain itu, kualitas penanamannya juga terjaga. Para kelompok tani yang ada di Kecamatan Sembawa kami harap dapat mengikuti langkah semacam ini,” kata dia.

“Banyak keuntungan ekonomis yang didapat keluarga. Minimal kebutuhan dapur bisa dipenuhi sendiri, sehingga pengeluaran keluarga bisa lebih hemat,” tandas dia. (Adm).