BANYUASIN, GP – Upaya Polres Banyuasin mewujudkan keinginan masyarakat Banyuasin agar dapat menikmati layanan Polri secara mudah dan tanpa birokrasi yang berbelit dengan menjadikan layanan publik menjadi satu atap atau Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Kapolres Banyuasin AKBP Imam Tarmudi S.IK, MH menyampaikan bahwa Polres Banyuasin telah memiliki Gedung SPKT yang bernama SANIKA SATYAWADA dengan didalamnya terdapat pelayanan terpadu dan terintegrasi seperti pelayanan SKCK, Sidik Jari, Laporan Polisi, Konseling dan Konsultasi Hukum, SPDT/Dumas Presisi.

Kemudian lanjut Kapolres ada taman bermain anak, ruang ibu menyusui, ruang ramah kaum rentan, Perpustakaan Mini, Layanan Coffe, Break dan Cool Drink serta pelayanan lainnya.”Dan semua itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Banyuasin secara Gratis tanpa dipungut biaya kecuali Pelayanan SKCK yang mana sesuai PP 76/2020 bahwa penerbitan SKCK dikenakan tarif 30 Ribu Rupiah,” ujar Kapolres.

Dengan adanya SPKT ini Kapolres Banyuasin AKBP Imam Tarmudi, S.IK, MH dapat menjadikan Polri khususnya Polres Banyuasin lebih dekat dengan Masyarakat dan Polri yang Presisi, serta sebagai amanah undang-undang dalam mewujudkan Pelayanan Publik yang mudah dan sebagai Wilayah Bebas Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani.

Dikatakan Kapolres AKBP Imam Tarmudi, S.IK., MH bahwa SPKT bertugas memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat, dalam bentuk penerimaan dan penanganan pertama laporan/pengaduan, pelayanan bantuan/pertolongan kepolisian, bersama fungsi terkait mendatangi TKP untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dan olah TKP sesuai ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.

Dari pantauan garudapos dimana SPKT Polres Banyuaain dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat selalu siap melayani dibarengi dengan Humanis itulah motto SPKT Polres Banyuasin. Hal tersebut ditunjukan saat memberi pelayanan kepada warga masyarakat yang datang ke Ruang SPKT Polres Banyuasin guna membutuhkan pelayanan kepolisian terkait dengan suatu persolan maupun kejadian. (Adm)