BANYUASIN, GP – Sebagai satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin terus menjalankan program SMK Membangun Desa yang dicanangkan oleh Kemendikbud beberapa waktu lalu.

Sebagai bukti nyata, sekolah tersebut sudah melakukan kunjungan ke berbagai desa terdekat, seperti Desa Ujung Tanjung, pada Rabu (03/01) lalu. Dan dilanjutkan ke Desa Tebing Abang, Kecamatan Rantau Bayur untuk membeli jenis ikan dari warga setempat.

Kepala SMKN 1 Banyuasin III, Novitasari ST., M.Pd mengatakan, program SMK Membangun Desa bertujuan untuk menciptakan terobosan dan mewujudkan sinergi antara SMK dan pemerintah desa-desa terdekat.

“Kita sudah kunjungi beberapa desa dan melihat potensi desa yang perlu dikembangkan nantinya akan dilakukan kerjasama dengan SMK Membangun Desa, khususnya sekolah kita,” tutur dia ditemui diruang kerjanya, Selasa (02/03)

Kerjasama dengan berbagai desa melalui Program SMK Membangun Desa maju untuk semua sebagai tindaklanjut dari program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2020/2021.

Menurut dia sinergi antara SMK dan pemerintah desa juga di harapan bisa membuat keberadaan SMK bisa bermanfaat bagi lingkuangan terdekat, “mengingat lokasi SMK kita di desa.” tuturnya.

Dia menuturkan, program SMK membangun Desa tersebut bertujuan untuk menciptakan terobosan dan mewujudkan sinergi antara SMK dan pemerintah desa

“SMK harus jadi solusi permasalahan bangsa, karena menyelasaikan permasalahan bangsa dimulai dari desa. Sebagai solusinya SMK terus bersinerji dengan pemerintah desa,” ujar dia.

Beberapa produk desa khusunya kerajinan tangan dan hasil nelayan juga ikut dipasarkan untuk masyarakat demi kepentingan masyarakat seperti di Desa Sidang Emas ada kerajinan tangan, perlu dipasarkan melalui SMK Membangun Desa. (Adm)