JAKARTA, GP – PERUSAHAAN Daerah (Perumda) Sei Sembilang Kabupaten Banyuasin mendapat Penghargaan bergensi tingkat nasional, Top Bussines Top BUMD Awards 2021 kategori BUMD Aneka Usaha Bintang 3. Penghargaan tersebut, sebagai bukti pengakuan secara nasional akan kinerja yang sangat baik yang telah dilakukan menejemen Perumda Sei Sembilang.

Penghargaan diserahkan Mendagri Tito Karnavian yang diwakili Kepala Litbang Mendagri DR Drs Agus Fatoni Msi dan diterima langsung oleh Bupati Banyuasin H Askolani SH MH dalam acara
Penghargaan TOP BUMD Awards 2021 yang diselenggarakan Majalah Top Bussines di Hotel Raffles Jakarta, Jum’at (10/09).

Turut hadir, Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, SH., M.Si, Direktur Perumda Sei Sembilang Heryadi H.M .Yusuf, Staf Khusus Bupati Bidang Media Komunikasi Syaifuddin Zuhri, Kadis Kominfo Noffaredy dan Kabag Protokol.

Pada penjurian awal, Perumda Sei Sembilang terpilih masuk kedalam 200 BUMD terbaik Indonesia dari 1.200 BUMD yang mengikuti seleksi tersebut. Dan akhirnya menyabet penghargaan TOP BUMD Awards 2021 kategori BUMD Aneka Usaha Bintang 3.

Bupati Banyuasin H Askolani mengaku bangga atas diterimanya Penghargaan bergensi tingkat nasional, TopBussines TOP BUMD Awards 2021 kategori BUMD Aneka Usaha Bintang 3.

“BUMD Sei Sembilang yang masih berumur jagung sudah dapat penghargaan tingkat nasional, ini sungguh prestasi yang luar biasa membanggakan. Artinya kerja yang dilakukan selama ini sangat baik sehingga mendapat apresiasi secara nasional, “tegasnya.

Penghargaan tersebut kata Bupati Askolani, harus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan inovasi dalam pengelolaan potensi SDA Kabupaten Banyuasin.

“BUMD Sei Sembilang kita bentuk untuk mengelola sumber daya alam (SDA) yang potensinya sangat besar guna menambah sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat Bumi Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin, “kata Bupati Inovatif ini.

Selama ini, potensi yang besar tersebut tidak mengangkat nama Kabupaten Banyuasin. Banyuasin punya produksi beras yang luar biasa besarnya namun tidak ada beras merek Banyuasin, potensi air tanah sangatlah besar, juga tidak ada brand nama air minum Banyuasin. Serta banyak potensi-potensi lainnya.

“Maka melalui BUMD ini, kita sudah punya brand beras sedulang setudung meskipun penjualannya baru skala terbatas untuk ASN Pemkab Banyuasin, saat ini kiita tengah bangun pabrik untuk pengelolaan air dalam kemasan, pabrik pengelola kelapa dan nantinya akan terus kita kembangkan sehingga semakin besar dan produknya makin luas, “katanya.

Ketua Dewan Juri Prof Dr Djohermansyah Djohan MA yang juga pimpinan Institut Otonomi Daerah mengakui meskipun masih berusia muda namun Perumda Sei Sembilang berkinerja baik terutama dalam pelaporan keuangan dan pengembangan usaha.

“Meskipun baru, namun kinerja Perumda Sei Sembilang sangat baik, tertib dalam pelaporan, menejemen usaha yang baik dan usahanyapun aneka macam usaha, “katanya.

Ceo dan Pimpinan Redaksi M Lutfi Handayani menegaskan bahwa TOP BUMD Awards merupakan penghargaan tertinggi dan terbesar BUMD di Indonesia. Artinya ini penghargaan yang paling bergengsi secara nasional.

Top BUMD Awards 2021 ini merupakan yang ke 6 kali di selenggarakan dengan jumlah peserta setiap tahunnya semakin bertambah. Untuk tahun ini BUMD yang kita seleksi 200 BUMD dari 1.200 BUMD se Indonesia.

“Top BUMD bukan sekedar penghargaan tapi ada aspek pembelajaran, karena dewan juri memberikan masukan dan saran untuk pengembangan BUMD masing-masing daerah, “terang M Lutfi Handayani.

Selain itu, Top BUMD Awards ini juga mendorong peningkatan kinerja dan pelayanan BUMD, Mendorong pengelolaan BUMD semakin baik. Dan komitmen kepala daerah untuk terus mendorong dan memfasilitasi BUMD agar semakin berkembang dan berperan dalam pembangunan daerah. (Adm/Rilis)