Beranda Lainnya Peristiwa Segala Elemen Lapisan Masyarakat Termasuk Pemerintah Diharapkan Bentuk Relawan Untuk Melakukan Aksi...

Segala Elemen Lapisan Masyarakat Termasuk Pemerintah Diharapkan Bentuk Relawan Untuk Melakukan Aksi Sosial Dalam Pembagian Masker

41
0
BERBAGI

Palembang, GP – Menyikapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sedang melanda beberapa Provinsi khususnya Sumatera Selatan agar kiranya jangan terjadi lagi dan terulang kembali. Peristiwa tersebut ibarat bencana tahunan bagi masyarakat Indonesia.

Menurut Ketua Umum BADKO HMI Sumbagsel, Bambang Irawan, melalui Ketua Bidang Lingkungan Hidup Faisal Supriyanto menuturkan, kebakaran hutan dan lahan di Indonesia umumnya sudah menjadi agenda tahunan. Hal ini sangat berdampak bagi masyarakat banyak dan sekaligus merugikan. Diharapkan pemerintah harus bergerak cepat dan sigap dalam mengatasi karhutla ini.

“Harapan kami meminta pemerintah RI dan pemerintah provinsi tangkap, adili dan cabut izin perusahaan pembakar lahan di Sumsel dan provinsi-provinsi lainnya, yang merupakan salah satu provinsi terparah yang terdampak karhutla” Ujarnya.

Tindak tegas terhadap oknum pembakar lahan di wilayah Sumsel. Kami dari BADKO HMI Sumbagsel meminta gubernur untuk menegaskan aturan hukum terkait pembukaan lahan sesuai pasal 56 undang-undang nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan. Lanjut Faisal, Kami juga meminta Gubernur Sumsel membentuk tim tugas untuk melakukan mitigasi bencana karhutla serta pengawasan lahan gambut atau lahan yang rentan terbakar.

Selain itu, BADKO HMI Sumbagsel meminta gubernur memfasilitasi pelayanan kesehatan masyarakat yang terkena dampak penyakit akibat karhutla secara gratis.

Kami juga meminta menerbitkan SK gubernur tentang kewajiban pencegahan karhutla oleh setiap perusahaan yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan hidup akibat karhutla, Kami dari BADKO HMI Sumbagsel meminta pemerintah provinsi Sumsel harus berkomitmen dalam menyelesaikan kasus KARHUTLA yang ada di Sumsel,

Serta BADKO HMI Sumbag-sel juga menghimbau kepada seluruh parah elemen tokoh masyarakat, parah Aktivis, untuk membentuk relawan untuk melakukan aksi sosialdiritas dalam pembagian masker serta melibatkan semua pihak. (Red)