BANYUASIN, GP — Pemdes Talang Ipuh yang melibatkan BPD dan Masyarakat setempat melaksanakan gotong-royong yang dimotori langsung oleh Kades Talang Ipuh Ardina. Kegiatan ini dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Banyuasin ke – 19 tahun 2021.

Kegiatan gotong royong ini selain membersihkan sekitar lingkungan Kantor Desa Talang Ipuh juga gotong royong tersebut dipusatkan di sepanjang jalan dalam Desa Talang Ipuh mulai dari wilayah RT 001 sampai dengan RT 006.

Kades Talang Ipuh Ardina saat ditemui garudapos mengungkapkan bahwa gotong-royong tersebut dalam rangka menyambut ulang tahun Kabupaten Banyuaain ke-19, gotong-royong ini digelar serentak di dua dusun mulai dari RT 001 s.d RT 006.

Kades Ardina juga mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman, semoga dengan adanya gotong royong ini, kebersihan, kerapian, dan keindahan dalam wilayah Desa Talang Ipuh semakin dapat ditingkatkan dan menambah semangat bagi warga disini.

“Gotong royong ini tiada lain guna untuk meningkatkan kebersamaan karena dengan bergotong royong adalah budaya kita orang Indonesia,” tutur Kades Ardina disela-sela gotong royong bersama jajaran perangkat desa dan masyarakat setempat, Rabu (07/04).

Kades Ardina juga menegaskan kegiatan ini sebagai Komitmen dan langkah Pemdes Talang Ipuh dalam menggugah masyarakat untuk bergotong royong dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar terus di lakukan.” Seluruh elemen masyarakat diharapkan untuk kompak membersihkan rumput, sampah dan menjaga lingkungan di sekitarnya masing-masing,” ungkap dia.

Dirinya mengungkapkan bahwa selain memupuk rasa kebersamaan antar seluruh elemen masyarakat, dalam kegiatan kerja bakti bersama juga menekankan sikap gotong royong peduli lingkungan. Dan dia mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh unsur masyarakat yang telah hadir berpartisipasi ikut dalam kegiatan kerja bakti ini.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya kegiatan temporer saja, melainkan kita semua menyadari betul gotong royong peduli lingkungan ini harus bisa terus digalakan untuk meminimalisir resiko-resiko bencana seperti banjir dan merebaknya penyebaran penyakit,” terang dia.

Sementara Ketua BPD Talang Ipuh Eta Ismanto, S.Sos yang juga turut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kerja bakti ini bisa dijadikan intropeksi bersama dan memberikan semangat masyarakat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta pada lingkungan sekitar. Koordinasi penanganan resiko bencana juga terus diupayakan antara pemerintah desa dengan masyarakat.

“Kegiatan ini selain dalam rangka menyambut HUT Banyuasin ke -19, juga
merupakan ikhtiar masyarakat dalam mencari solusi yang lebih mudah dan juga menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan sendiri dan menggalakkan kembali gotong royong yang akhir-akhir ini jarang terlihat,” ungkap Eta Sapaan akrabnya.

“Pemerintah bersama seluruh unsur masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bagaimanapun juga kebersihan lingkungan ini merupakan tanggung-jawab bersama yang harus senantiasa dijaga,” tandas dia. (Adm)