Beranda Ekobis Rumah Zakat Sumsel Launching BUMMAS Berkah Sejahtera di Desa Rejodadi

Rumah Zakat Sumsel Launching BUMMAS Berkah Sejahtera di Desa Rejodadi

34
0
BERBAGI

Banyuasin, GP – Kamis (22/08/2019), suasana semarak para ratusan tamu undangan begitu antusias untuk menghadiri acara Launching BUMMAS Berkah Sejahtera Desa Rejodadi sebagian besar mereka yang hadir adalah para penerima manfaat program Rumah Zakat dan Tamu undangan lainnya yg berasal dari perangkat Desa Rejojadi Sembawa, Tokoh Agama, Tokoh adat, Camat dan Wakil Bupati Banyuasin.

BUMMAS (Badan Usaha Milik Masyarakat) ini adalah merupakan program unggulan ekonomi Rumah Zakat untuk menghimpun para penerima manfa’at melalui kelembagaan.

Heri Sumardi Relawan Inspirasi yanh juga menginisiasi BUMMAS berharap dengan hadirnya BUMMAS para penerima manfa’at ataupun masyarakat bisa meningkatkan sumber penghasilan dari usaha yang mereka jalani.

“BUMMAS juga nantinya sebagai sarana belajar untuk saling sharing, berbagi pengalaman tentang peningkatan nilai jual produk dan meningkatkan sumber penghasilan. Saat ini jumlah anggota BUMMAS Berkah Sejahtera terdiri dari 10 orang penerima manfa’at yang bergerak di bidang Budidaya Ikan Lele dan pengelolaan hasil ikan lele berupa Kerupuk Lele”,paparnya dalam sambutan.
Menurutnya Dengan total jumlah kolam yang dimiliki oleh binaan adalah 32 kolam lele. Walaupun ketika dimusim kemarau para petani lele mengalami kesulitan berupa susahnya air untuk pembudidayaan ikan lele.

Branch Manager Rumah Zakat Sumsel, Hadi Yudasta menyampaikan ada sekitar 1.478 desa yang telah diberdayakan Rumah Zakat di Seluruh Indonesia dan 34 wilayah Binaan di Sumatera Selatan.

“Desa Rejojadi ini menjadi 100 desa Model sehingga saat ini pertama kali di sini sudah ada Bummas. Kita akan fokus pada pemberdayaan untuk memperkuat ekonomi desa. Desa Rejodadi tidak hanya program Ekonomi yang dilaksanakan melainkan juga ada program kesehatan Berupa Ramah Lansia, program Pendidikan berupa Rumah Qur’an, Dan program Capacity Building berupa kegiatan keislaman yang diadakan di Desa Rejodadi ini”, terangnya.

Menurutnya tujuan BUMMas ini menjadi penunjang kelompok usaha bersama sehinnga bermanfaat bagi masyarakat. Dia berharap nantinya semua desa berdaya binaan Rumah Zakat memiliki BUMMas.

“Terimakasih atas kerjasama dan sinergi yang sudah terjalin antara Heri Sumardi Fasilitator Rumah Zakat dan perangkat Desa Rejojadi.” ucapnya. (Ril)