PAGARALAM, GP – Belum semua lulusan SMAN I Kota Pagaralam mengambil ijazah di sekolah Bahkan ada Beberapa lulusan yang dari Tahun 1989, sudah 31 tahun lalu yang belum mengambil. Mas mungkin ada Berbagai alasan menjadi penyebab, sehingga ijazah tersebut saat ini masih tersimpan dengan Baik di Sekolah SMAN I. Rabu (9/9/2020)

Kepala SMAN 1 Kota Pagaralam Soniar SPd. Mengatakan Saat di jumpai di ruang kerjanya, Setidaknya dalam tiga tahun terakhir ada ratusan ijazah siswa Alumni SMA N I yang masih tersimpan di sekolah alias belum di ambil.”ujarnya.

Pada tahun ajaran 2014/2015/2016/ 2017/ 2018 masih ada siswa yang belum mengambil ijazah, juga belum melakukan cap tiga jari.”Totalnya terakhir ada 119 ijazah yang belum diambil,” katanya.

Soniar, wajar kalau hal tersebut lupa atau lalai karena sebagian siswa belum membutuhkannya sehingga tidak diurus. Sementara untuk bekal mereka mendaftar pekerjaan atau ke perguruan tinggi bisa menggunakan surat keterangan lulus (SKL),” imbuhnya.

Pihaknya menegaskan, ijazah yang tidak diambil bukan karena masalah biaya, namun ntah kok ijazah belum juga diambil. Bahkan sempat ada alumni yang sudah lulus sekitar 31 tahun belum mengambil ijazahnya bahkan sudah ada yang meninggal, selain Itu memang karena pemiliknya berwirausaha sehingga tidak membutuhkan ijazah. “Kita tidak pernah mempermasalahkan biaya. Yang penting saat ambil ijazah tidak punya tanggungan seperti pinjam buku di perpus ya silakan diambil.” ujar Soniar.

Kendati telah cukup lama berada di sekolah, pihaknya tetap berkewajiban untuk menyimpan fisik ijazah tersebut dengan baik.”Sampai kapanpun tetap tersimpan dengan baik. Sewaktu-waktu siswa akan mengambil akan kita layani,” tegasnya.

Soniar Menegaskan, sekarang ini yang harus dipahami Masyarakat adalah tidak perlu takut untuk mengambil Ijazah di sekolah silakan diambil dengan membawa identitas Diri sesuai nama yang tertera di Ijazah Sebab, Prinsipnya pengambilan ijazah tidak ada kaitannya dengan biaya. Kalau dulu memang ijazah itu terbitnya cukup lama dari masa kelulusan. pungkas Soniar. (Fa/NoviC).