Beranda Populer PWI Muba Support Sumsel Gelar Orientasi Calon Baru dan Peningkatan Anggota di...

PWI Muba Support Sumsel Gelar Orientasi Calon Baru dan Peningkatan Anggota di Hotel Amaris

107

Palembang, GP – Sebanyak 73 wartawan dari Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti orientasi calon anggota baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bertempat di Hotel Amaris, Palembang, Selasa (29/10/2019).

Acara tersebut dibuka langsung Ketua PWI Sumsel, H. Firdaus Komar SPd MSi, dan dihadiri oleh H Anwar Roswan, Wakil Ketua PWI Sumsel, Novas Bendahara PWI Muba dan Pengurus PWI Sumsel lainnya.

Menurut Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengatakan bahwa tujuan diadakannya Orientasi Peningkatan Status Wartawan untuk membentuk wartawan yang ada di Sumatera Selatan bisa menjalankan tugas secara profesional dan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Lanjutnya, adapun sebelum menulis berita kita harus memahami Kode Etik Jurnalistik dan mencakup 5 W 1 H, selain itu dalam penulisan berita pun harus Independen baik berita peristiwa ataupun fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa ada campur tangan dari pihak lain, termasuk pemilik perusahaan pers.

“Seorang wartawan dalam menulis berita harus akurat, berimbang serta tidak beritikad buruk atau ada niat untuk merugikan pihak lain” terangnya.

Ditambahkan Firdaus, Orientasi Rekrutmen ini ada Anggota Baru disebut Anggota Muda dan sementara peningkatan disebut Anggota Biasa. Tugas utama kita wartawan setelah menjadi anggota dan menjadi anggota PWI Biasa ada salah satu syarat lagi yakni mengikuti dan Lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Hal ini sejak tahun 2010 di Kota Palembang yang ditandatangani oleh Presiden SBY dan Dewan Pers. “Saya katakan ini lebih mengedepankan dan meningkatkan kualitas lebih mengarah sebagai Etika dan tentang penulisan berita” tambahnya.

Disampaikan juga oleh Firdaus bahwa acara ini disupport oleh Pemerintah Kabupaten Muba melalui PWI.

Sementara itu, terpisah menurut Ketua PWI Kabupaten Muba mengatakan bahwa orientasi ini sangat berguna dan mempunyai manfaat besar bagi wartawan itu sendiri, selain untuk menambah profesional, dan juga membuat kita mempunyai wadah organisasi dan membuat wartawan itu tidak liar dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sehari-hari. (Red)