Muara Enim, GP — Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar bersama Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, SIk, MM dan Kapolres Muara Enim, AKBP Danny Sianipar, SIk meninjau langsung Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bersekala Mikro di Kelurahan Pasar 2 Muara Enim, Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim,Sabtu (17/07/2021).

Lurah Pasar 2 Muara Enim, Yudha Pratama, SSTP yang juga Ketua Posko PPKM Mikro Pasar 2 Muara Enim dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini di kelurahannya terdata ada 7 orang dari 2 keluarga yang terpapar virus covid 19 dan saat ini menjalani perawatan. Untuk saat ini, kegiatan di posko yang anggotanya merupakan gabungan TNI, Polri, staf kelurahan dan masyarakat terus melakukan himbauan kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas peran Polri dan TNI yang memberikan perhatian membantu pemerintah daerah dalam hal ini kelurahan untuk ikut mengatasi wabah covid 19,” ungkap Lurah.

Lalu, kegiatan Posko PPKM Mikro juga terus memberikan motivasi supaya keluarga pasien covid 19 untuk memperoleh semangat sembuh dan merasa diperhatikan pemerintah dan aparat. “Aksi himbaua penerapan prokes melalui gugus tugas Pos PPKM mikro sudah sesuai SOP yang dibuat Permendagri. Setelah mendapatkan konfirmasi pihak Dinkes adanya kasus covid 19 di wilayahnya, pihak Posko PPKM Mikro akan melakukan tracking dan meninjau lokasi langsung,” jelas Yudha.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, SIk, MM dalam sambutannya juga sangat berterima kasih atas telah terbentuknya Posko PPKM Mikro di kelurahan Pasar 2 Muara Enim dan personil dengan siaga dan tanggap memberi semangat kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu juga, Kapolda memberikan motivasi bagi petugas Posko PPKM Mikro untuk terus bersemangat dalam bekerja.

“Namun saya tetap mengharapkan agar kolaborasi yang telah kita bangun untuk memerangi covid 19 ini tetap solid sehingga klaster penurunan virus dapat dipersempit secara bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar juga Meminta masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan. Dikatakan dia, selaku pemerintah dirinya ingin memastikan akses kesehatan masyarakat dalam menghadapi wabah pandemi ini dapat diperoleh dengan baik. “Tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari,” jelas HNU.

Dalam kesempatan lain, HNU juga ingin memastikan zona merah di kabupaten muara Enim yakni Muara Enim dan Tanjung Enim mendapatkan progres penurunan kasus. “Zona merah cuma dua kecamatan yakni Muara Enim dan Tanjung Enim untuk skala kabupaten, tetapi jika ditinjau skala provinsi, keseluruhan wilayah kabupaten Muara Enim masuk zona hijau,” kata HNU.

Hadir pula dalam acara tersebut Staf Ahli Pemkab Muara Enim, Amrullah Jamaludin, Camat Kota Muara Enim, Syarfudin, Lurah Pasar 2 Muara Enim, Yudha Pratama, SSTP dan tokoh Masyarakat, Ir Johan Ong. Selain meninjau Posko PPKM, Pj Bupati dan Kapolda Sumsel juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak PPKM. (Dn)