Beranda Ekobis Peternak Berdaya Lakukan Studi Banding

Peternak Berdaya Lakukan Studi Banding

28
0
BERBAGI

Muara Enim, GP – Peternak Berdaya di Desa Berdaya Sukarami Kec. Rambang Kab. Muara Enim Prov. Sumatera Selatan yang tergabung ke dalam kelompok “Pemuda Hijrah” melakukan studi banding.

Misrwansyah Relawan Inspirasi Rumah Zakat mengatakan bahwa Sabtu lalu, 17 Agustus 2019 para pemuda hijrah ini isi kemerdekaan dengan mengadakan Edukasi tentang ternak.

“Mereka mengunjungi pengusaha Lele H. Zubaidi di Desa Kencana Mulia. Beliau bukan saja membesarkan tapi juga melakukan pemijahan. Banyak ilmu yang didapat dari kunjungan edukasi ini, mulai dari cara membesarkan lele supaya tidak mati hingga pembuatan pakan lele supaya dapat untuk yang besar”, ungkap Mirwan.
Saat edukasi para pemuda ini diajak langsung kekolam lele yang berisi 16.000 ekor lele.

Sementara itu menurut H. Zubaidi beternak lele itu yang mesti betul-betul diperhatikan adalah bibit yang bagus dan air. Kemudian supaya Untung pakannya harus bikin sendiri.

“Buat pakan sederhana mudah, cukup siapkan kepala ikan teri 2 kg, ampas tahu 1 kg, jagung 1 kg dan 1 gelas patih. Kepala ikan teri dan jagung dikukus sampai masak, lalu tumbuk sampai halus, kemudian campurkan dengan dedak dan ampas tahu siram air panas masukan patih, selesai”, tutur H. Zubaidi saat menjelaskan tentang pakan lele yang sederhana.

Medi RZ