MUARA RUPIT, GP – Ribuan peserta pawai obor akbar padati jalan poros desa Noman Baru Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara),dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1418H. Kegiatan yang meriah dan sukses tersebut diselenggarakan pemerintah Desa (Pemdes) dan Karang Taruna Noman Baru.

Kegiatan berlangsung dengan star dari halaman sekolah MTS Al Madani di dusun 1 keliling hingga ke dusun 7 tepat di depan rumah tokoh masyarakat sekaligus mantan kades Noman Rozali Syawal dan kembali pinis di depan kantor Kades Noman Baru.

Kegiatan yang meriah itu berlangsung Sabtu (12/05), pukul 20.30wib, yang diikuti pesertannya dari seluruh siswa-siswi, SD, SMP,MTS, SMA dan Perguruan tinggi yang ada di desa Noman Baru. Dan didampingi langsung oleh Pemerintah desa serta kepengurusan Karang taruna desa Noman Baru.

Ketua karang taruna Desa Noman Baru Vico mengatakan tidak mudah untuk mempertahankan tradisi yang sudah hampir tergerus oleh kemajuan teknologi. Padahal kegiatan positif itu bisa mempersatukan dan membuktikan bahwa harus semangat menyambut bukan Suci ramadhan sebagai umat islam.

“Alhamdulillah, setiap tahun desa kita ini masih mempertahankan tradisi pawai obor keliling. Dengan tujuan mengingat bahwa sudah akan memasuki bulan suci dan bersenang lah bertemu bulan yang paling berkah,”ujarnya

Vico melanjutkan bahwa kegiatan itu tidak akan perna meriah dan sukses jika tanpa kerja sama dari semua pihak terutama pemdes. Sehingga sebagai pengurus karang taruna mengucapkan terima kasih kepada siswa-siswi dari SD, MTS,SMP, SMA, mahasiswa juga masyarakat desa Noman Baru khususnya, tanpa bantuan dan kerja sama yang baik kegiatan ini tak akan berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan.

“Saya berharap pawai akbar dalam menyambut bulan suci Ramadhan terus dilakukan kedepan, karena ini salah satu cara kita mengingatkan kepada umat islam bahwa bulan suci Ramadhan akan tiba, selaku umat islam mestinya kita sambut bulan Ramadhan ini dengan hati yang gembira.”jelasnya

Sementara salah satu siswa SD N 1 Noman Baru Tadho mengatakan, sangat senag sekali dengan adanya kegiatan akbar dalam menyambut bulan suci Ramadhan,

“Saya senang sekali mengikuti pawai akbar ini, kita bisa bermain sama teman teman yang lain, menggunakan lampu di buat dari bambu alias colok, pokoknya saya senang.”ungkapnya

Sedangkan Kepala Desa Noman Baru Aima Amirudin melalui sekretaris Desa (Sekdes) Endar, membenarkan akan adanya kegiatan pawai akbar yang di laksanakan oleh karang Taruna desanya bersama siswa SD sampai mahasiswa yang berada di desa Noman Baru.

“Kegiatan pawai akbar ini di lakukan sebagai tanda bahwa bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba, kita berharap semua umat islam bergembira dalam menyambut bulan puasa.”ungkapnya.

Sebagai pemerintah desa lanjutnya, akan terus mendukung dan membantu mensukseskan kegiatan yang positif sehingga bisa menciptakan kerja sama dan mempersatukan. “Ini tradisi kita dan senang bisa dipertahankannya. Karena berdampak positif juga bagi kita semua,”pungkasnya. (Junai)