Beranda Pemerintah Pemerintah Berikan Bantuan 421 Unit Rumah Swadaya Untuk Warga di Kota Pagaralam

Pemerintah Berikan Bantuan 421 Unit Rumah Swadaya Untuk Warga di Kota Pagaralam

109
0
BERBAGI

PAGARALAM, GP – Pemerintah mengalokasikan dana sebesar 7,3 miliar untuk membantu pembangunan 421 unit rumah swadaya di Kota Pagaralam, Sumatra Selatan (Sumsel) Bantua tersebut pagi tadi disosialisasikan di Gedung Balai Kota Pagaralam, kecamatan Pagaralam Selatan, Selasa (16/7/2019).

Dalam sosialisasi Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH yang Diwakili melalui Asisten II Drs H Saprani dalam sambutanya, Pemerintah Kota Pagaralam mendapatkan bantuan 421 unit rumah yang disalurkan di 8 kelurahan dan 5 kecamatan.

Saprani menjelaskan, tiap unit rumah akan mendapat bantuan sebesar Rp17.500.000 dengan rincian untuk bangunan fisik sebesar Rp15.000.000 dan Rp2.500.000 untuk upah tukang. 

Kota Pagaralam, katanya tahun anggaran 2019 ini, mendapatkan bantuan yang bersumber dari APBN 2019 sebesar Rp7.3 miliar.

“Bantuan Ini adalah sebuah amanah yang diberikan kepada Pemerintah Kota Pagaralam Jadi para penerima manfaat harus bersyukur juga jangan disalahgukan Dan saya imbau para camat dan lurah agar memperhatikan juga mengawasi,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan dari penyaluran BSPS ini untuk peningkatan kualitas rumah tidak layak huni. BSPS sendiri merupakan bantuan pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (standar maksimal UMP) dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta Prasarana dan Sarana serta Utilitas Umum (PSU) yang dituangkan dalam Permen PUPR NO 7/PRT/M/2018.

“Jadi yang menerima ini WNI yang sudah berkeluarga, warga yang belum memiliki rumah atau punya rumah tapi tak layak huni, belum pernah menerima BSPS atau bantuan sejenisnya dan bersedia berswadaya,” ungkapnya.

Berikut rincian penerima manfaat di Kota Pagaralam, dari 5 Kecamatan  untuk Program Regular setidaknya ada 171 dan melalui Dana Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 250 unit meliputi Kelurahan Lubuk Bunrak, Kelurahan Selebar, Kelurahan Palang kenidai, Kelurahan Pagaralam, Kelurahan Pagar Wangi, Kelurahan Penjalang,  Kelurahan Ulu Rumah,  Dan Kelurahan Atung Bungsu Masing – Kecamatan ada 50 unit mendapat Bantuan dan ada yang lebih.” urainya. 

Sementara Pelaksana Tugas (PLT) Abdul Parliansyah ST MM mengatakan Kota Pagaralam tahun anggaran 2019 ini Penerima program BSPS Regular Dan BRS – DAK sebanyak 421 Kk,  untuk 5 kecamatan dan 8 Kelurahan di Kota Pagaralam.”ujarnya. 

Parlin menambahkan,  Rata Rata kecamatan mendapatkan 50 Bantuan Rumah Swadaya, Dari kementrian PUPR dan 171 unit melalui pemerintah Kota pagaralam yang sumber dana melalui DAK Setelah diprifikasi itu lah yang didapat untuk Kota pagaralam.”tuturnya. (Paisa/Nov)