BANYUASIN, GP — Pemerintah Desa (Pemdes) Sedang Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama kepada Kepala Keluarga (KK) Penerima manfaat yang terdampak Covid -19.

Penyaluran BLT – DD kepada penerima manfaat dihadir Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag, Pj Kepala Desa Sedang Lukman, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Pendamping Desa, KNPI Suak Tapeh, Karang Taruna, Linmas Desa Sedang dan Tim relawan covid-19.

Pj Kepala Desa Sedang Lukman mengatakan, kepala keluarga (KK) penerima manfaat yang mendapatkan program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Sedang berdasarkan ketetapan hasi dari musyawarah desa setelah melalui proses verifikasi dan validasi.

“BLT – DD itu aturannya dari pusat dan perintah dari pusat sampai ke Daerah untuk diberikan kemasyarakat yang terdampak covid – 19,” kata Pj Kepala Desa Sedang Lukman, saat di confirmasi media ini, Jum’at (22/05).

Dikatakan Lukman, penyaluran BLT-DD ini disalurkan dengan gerakan Door To Door kerumah warga penerima BLT untuk diberikan. “Penyaluran untuk tahap pertama ini langsung uang tunai dan untuk tahap kedua dan ketiga akan lewat rekening,” jelas dia.

Pj Kades Lukman menuturkan bahwa penerima BLT- DD tahap pertama sebesar Rp 600.000, 00 perbulan dan selama periode April hingga Juni mereka menerima Rp 1.800.000, 00.

Selain itu lanjut dia, penerima BLT- DD tidak boleh menerima dobel, artinya penerima BLT tidak boleh mendapatkan jenis bantuan lain seperti bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Begitupun dengan sebaliknya penerima bantuan jenis PKH, BST, dan BPNT tidak
boleh menerima bantuan BLT-DD.

“Jadi masyarakat atau penerima program bantuan, baik itu jenis bantuannya BLT maupun program bantuan jenis lain tidak boleh menerima dobel” pungkas dia seraya berharap kepada para penerima BLT, semoga apa yang didapatkan bisa dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik baiknya.

Terlebih dari itu ia juga mengingatkan kepada masyarakat khususnya warga masyarakat Desa Sedang untuk tetap selalu mengikuti himbauan pemerintah, pakai masker, cuci tangan pake sabun dengan air mengalir, Sosial Distancing dan Phisical Distancing. (Adm)