BANYUASIN, GP — Pemerintah Desa (Pemdes) Durian Daun Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin menggelar Musrenbangdes dalam rangka menampung usulan rencana pembangunan pada tahun 2021 mendatang, Senin (19/10) kemarin.

Musrenbangdes tersebut bertempat di Aula Kantor setempat yang dihadiri Pj. Kades Durian Daun Suhendra, S.Sos, Ketua beserta Anggota BPD Durian Daun, Korcam Pendamping Desa Suak Tapeh Febriwansyah, ST, seluruh unsur pemerintahan desa, Ketua RT, tokoh masyraka, LPM dan Pemangku Adat.

Pj. Kades Durian Daun Suhendra, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbangdes merupakan sebuah rangkaian tahapan dalam menentukan rencana pembangunan tahun 2021.

Kata dia, Musrenbangdes ini yang mana sebelumnya dilaksanakan musyawarah dusun (Musdus) untuk menampung usuluan dari masyarakat, program mana yang akan menjadi program sekala prioritas dan kita bahas kembali bersama masyarakat dalam Musrenbangdes ini.

“Kami akan menjalankan hasil Musrembangdes ini sesuai dengan harapan masyarakat, baik itu pembangunan maupun dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” papar Suhendra dalam sambutannya.

Suhendra berharap dari kegiatan ini semua usulan yang menjadi harapan masyarakat bisa terlaksana, dengan hasil musyawarah ini pembangunan di Desa Durian Daun labih baik dan lebih maju lagi.

“Kami selaku pemerintah desa mengajak semua lapisan masyarakat agar menumbuhkembangkan kembali budaya gotong royong agar terciptanya desa yang maju dan pemerintah yang aman menuju Desa Durian Daun yang mandiri dan religi,” pungkas dia.

Suhendra juga mengatakan, kegiatan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2021. Hal ini diselenggarakan sesuai agenda yang telah dijadwalkan.

“Dalam Musrenbang tersebut diutamakan pembahasan prioritas rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 yang dituangkan di dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes),” ujar dia.

Menurut Pj. Kades Suhendra, Pelaksanaan Musrenbangdes untuk pembahasan tahun anggaran 2021 ini melibatkan berbagai elemen dan unsur masyarakat yang terdiri dari BPD, Perwakilan, RT dan Kasus, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), lembaga adat desa, perwakilan pemuda, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa.

“Musrenbangdes ini dilakukan untuk tujuan mencapai mufakat dan Kades harus mampu menanmpung segala aspirasi dari masyarakat terkait dengan pembangunan desa yang adil dan merata serta tepat sasaran dan tepat guna,” pungkas dia.

Sementara Ketua BPD Durian Daun Suhardi disela-sela musyawarah mengungkapkan dalam Musrenbangdes kali ini BPD memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap masyrakat yang begitu antusias menghadiri acara serta memberikan masukan sumbang saran yang baik untuk rencana pembangunan terhadap Pemerintah desa.

“Semoga dari hasil kegiatan ini bisa menghasilkan kemufakatan yang baik sesuai keinginan dan aspirasi masyrakat, seperti yang sudah disepakati bersama dan sudah menjadi skala prioritas untuk 2021 yakni RLTH sebanyak 10 unit rumah,”ungkap Suhardi.

“Kita fokus dulu untuk mempublikasikan atau meng informasikan kepada masyarakat untuk pembanguan di tahun 2020 dan memang sudah ditetapkan dan tidak boleh ada perubahan dan ini artinya harus dimantapkan,” tambah dia.

Suhardi, menyebut, untuk program sekala prioritas yang sudah muncul untuk di tahun 2021 yakni RLTH, namun Pemerintahan Desa Durian Daun masih dalam tahap transisi maksudnya ada beberapa perencanaan yang harus di perbaiki karena dalam perencananya masih belum sempurna.

“Semoga bulan Desember 2020 ini sudah mulai penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) tahun 2021 agar bisa mulai lebih awal sehingga jadwal tahapan kegiatan tepat waktu, jadwal yang sudah ditetapkan tidak bisa dirubah,” tegas dia. (Adm).