BANYUASIN, GP — Pemerintahan Desa (Pemdes) Air Senggeris Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin pada Selasa (14/09) melakukan peletakan batu pertama pembangunan, Rumah tidak layak huni (RTLH) di Dusun II Desa Air Senggeris.

Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si yang hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan RTLH tahun anggaran 2021 menyampaikan kepada awak media yang hadir di lokasi, kalau dirinya sangat mengapresiasi Pj. Kades Air Senggeris yang telah menganggarkan kegiatan bedah rumah dari Dana Desa.

“Dalam program Bupati Banyuasin memang Dana Desa tahun 2021 diprioritaskan untuk bedah rumah yang tak layak huni guna untuk mendukung program percepatan pengentasan rumah tidak layak huni di Kabupaten Banyuasin umumnya dan diwilayah Kecamatan Suak Tapeh khususnya,” ungkap dia.

Menurutnya kalau hanya kita mengandalkan program dari Pemkab Banyuasin tentunya tidak akan terkaper semua nya.” Untuk itu dari Dana Desa tahun 2021 diprioritaskan untuk bedah rumah tak layak huni dan setiap desa harus menganggarkan maksimal 10 unit rumah dan minimal 5 unit rumah sesuai dengan pagu anggara,” pungkas dia.

Ditempat yang sama Pj. Kades Air Senggeris Herman Edi, SH., M.Si menyampaiakan, peletakan batu pertama pembagunan Rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Air Senggeris yang bersumber dari APBDes Desa Air Senggeris tahun anggaran 2021 sebanyak 10 unit rumah.

“Semoga dengan adanya pembangunan RTLH ini bisa bermanfaat dan yang
mendapatkan bantuan bedah rumah ini bisa hidup sehat, nyaman dan bebas dari segala penyakit,” ucap dia seraya berharap agar bagi mereka yang mendapatkan bantuan untuk menjaga dan merawat bangunan rumah nya dengan baik.

Beliau juga dikesempatan tersebut tak henti hentinya mengingatkan kepada masyarakat Desa Air Senggeris untuk terus tingkatkan protokol kesehatan yang telah di anjurkan pemerintah baik pusat dan daerah untuk selalu menerapkan 4 M.

“Dimanapun berada untuk selalu, mencuci tangan , memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan dimana saja kita berada , semoga dengan selalu menaatinya kita semua terhindar dari penyebaran mata rantai Covid 19,” ujar dia.

Salah satu penerima manfaat pembangunan, Rumah tidak layak huni (RTLH ) mengucapkan terima kasih kepada pihak Peemdes Air Senggeris dalam hal ini Pj. Kades Air Senggeris Herman Edi yang telah memberikan bantuan RTLH.

“Alhamdulilah dengan adanya bantuan ini kedepanya rumah kami tidak kebocoran lagi saat hujan dan lebih sehat dan nyaman, dengan adanya pembangunan RTLH di Desa Air Senggeris ini kedepanya semoga perekonomian masyarakat Desa Air Senggeris bisa lebih maju,” kata dia.

Hadir pada kegiatan tersebut, Pj. Kades Air Senggeris Herman Edi, SH., M.Si, Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si didampingi Kasi PDP Suhendra, S.Sos., M.Si dan Kasi PMD Eni Yosita, M.Kes, Korcam Pendamping Desa Kecamatan Suak Tapeh Febri Wansyah, ST, PDP Suak Tapeh Baharudin, ST, PLD M. Yusuf serta jajran Perangkat Desa Air Senggeris. (Adm).