BANYUASIN, GP — Dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2021, Pemdes Pelajau Ilir Kecamatan Banyuasin III Bangun Pos Penerapan Pembatasan Masyarakat (PPKM) yang berlokasi di gerbang masuk Desa Pelajau. Pos ini untuk mengontrol mobilisasi masyarakat yang keluar masuk desa.

“Pos PPKM yang sebagai mana di anjurkan oleh Pemerintah, Pos tersebut bertujuan untuk mengontrol masyarakat dan melakukan pemeriksaan dan menyemprot disinfektan kepada setiap yang lewat,” kata Pj. Kades Pelajau Ilir M. Yusuf kepada garudapos.com, Selasa (04/05).

Djkatakan Yusuf sapaan akrabnya bahwa pembangunan Pos PPKM ini berukuran 3X3 Meter dengan Anggaran Rp.10.000.000,00 dari Dana Desa (DD) tahun 2021.” Alhamdulillah pembangunan Pos PPKM ini sudah rampung 100 persen,” kata M. Yusuf.

Menurut Yusuf, berdasarkan petunjuk dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mendorong Pemerintah desa untuk membangun Pos jaga di setiap gerbang masuk desa. Hal itu merupakan bagian dari upaya pencegahan meluasnya wabah virus Corona atau Covid 19 ke desa. Pembangunan pos dapat menggunakan dana desa.

“Adapun pos jaga tersebut dapat dikelola oleh relawan desa lawan Covid-19 yang telah dibentuk oleh desa dan Pos jaga desa bertugas untuk memantau mobilitas keluar masuk warga ke desa. Sehingga, warga yang keluar masuk desa dalam kepentingan apa pun, harus tercatat dan terdata dengan rapi dan jelas,” kata dia

“Pos jaga desa ini penting. Jadi warga yang keluar ditanya mau ke mana, dari mana, ada formulir yang sudah disiapkan. Format formulirnya sudah disiapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” tambah dia.

Yusuf menegaskan bahwa petugas di Pos jaga desa wajib menanyakan dengan jelas lokasi yang akan dituju warga yang akan bepergian. Jika lokasi yang akan dituju merupakan kawasan yang telah terpapar Covid 19, petugas Pos jaga desa wajib menyarankan warga tersebut untuk mengurungkan keinginannya.”Warga diberikan pemahaman betul, agar jangan sampai ketika pulang justru membawa virus Covid-19,” ujar dia.

“Kami menghimbau kepada semua masyarakat Desa Pelajau Ilir khususnya untuk terus patuh terhadap aturan protokol kesehatan yang sebagaimana telah di anjurkan oleh pemerintah, kita kuat bersama-sama untuk melawan Covid 19, jangan sampai lengah dan merasa baik-baik saja,”tandas dia. (Adm)