Beranda Pendidikan PAUD AL FATIH Tetap Belajar Daring

PAUD AL FATIH Tetap Belajar Daring

#Guru Dibekali Paket Internet

103

BANYUASIN, GP — Wabah Virus Corona atau COVID 19, tidak menyurutkan semangat para tenaga pendidik PAUD AL FATIH di Kelurahan Mulya Agung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin untuk mencerdaskan anak bangsa.

Buktinya, pihak pengelola FAUD AL FATIH menyusun rencana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk masa Belajar di Rumah (Daring), agar peserta didik tetap memperoleh ilmu pengetahuan. Sudah barang tentu pembelajaran ini, perserta didik butuh pendampingan orang tua.

Kepala PAUD AL PATIH Amri S.Sos.I mengatakan agar anak nyaman belajar di rumah bersama orang tua, perlu juga diciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Agar anak tetap belajar dan tidak jenuh menjalani masa Belajar di Rumah.

“Kami menekankan bahwa belajar di rumah itu menyenangkan dan anak tetap tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan,” katanya saat di bincangi media ini, Rabu (29/04).

Adapun kegiatan yang dilakukan di rumah yang dirancang mencakup 6 aspek perkembangan anak usia dini. Yaitu meliputi aspek nilai agama moral, fisik, kognitif, bahasa, seni, dan sosial emosional.

Dalam hal ini pihak sekolah menekankan untuk kegiatan pembiasaan yang sering dilakukan di rumah seperti membereskan tempat tidur, menyapu lantai, membereskan mainan, mencuci alat makan sesudah dipakai, membantu ibu memasak di dapur, dan sebagainya.

“Kegiatan seperti itu sesuai untuk mengajarkan agar anak semakin mandiri, lebih siap menghadapi tantangan yang ada dan anak menjadi peduli terhadap pekerjaan dan kegiatan orang tua di rumah,” ujar Amri.

Dijelaskannya, Tugas pembiasaan anak di rumah selanjutnya dilaporkan oleh orang tua kepada wali kelas masing-masing disertakan foto kegiatan anak. Untuk laporan kegiatan dan komunikasi kedua pihak memanfaatkan telepon pintar (smartphone) melalui media grup whatsapp.

Selain pembiasaan kecakapan hidup (lifeskill), keaktifan anak dalam beribadah juga dipantau. Terkait hal ini, orang tua mengirimkan rekaman hafalan surah-surah pendek Alquran melalui voicenote.

“Sehingga anak tetap terbiasa membaca dan menghafal surah-surah pendek Alquran sesuai tingkatannya. Selain itu, ada jadwal tersendiri anak mengikuti pembejalaran yang dilakukan Kemendikbud di TVRI,” ujarnya.

Menurutnya, selain menyusun kegiatan belajar di rumah, pihak sekolah juga memantau kondisi kesehatan siswa. Pihaknya tetap mengimbau orang tua agar menjaga dan memperhatikan kesehatan anak, misalnya mengatur menu makanan yang diberikan ke anak dan keluarga.

“Kami juga mengimbau kepada orang tua selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungannya, serta mengajarkan kepada anak. Tetap di rumah dan bila keluar rumah seperlunya saja, untuk saat ini selalu menerapkan social distancing,” katanya.

Menurutnya, guru difasilitasi paket internet oleh sekolah. Sistem pembejalaran sepeti biasa ada absen, terakhir ceklist absen jam 20.00 WIB. “KB Alfatih punya 107 siswa. Alhamdulillah semua aktif mengikuti pembelajaran daring ini,” ujarnya seraya menambahkan jika KB Alfatih terakreditasi A. (Adm)