PAGARALAM, GP – Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni meresmikan peluncuran Paspor Elektronik atau e-Paspor yang dipusatkan Dikantor Kisbangpol kawasan Perkantoran Pemkot Pagaralam, yang di hadiri Kepala Divisi Cabang Sumatrara Selatan Herdaus SH MH juga di dampingi Kantor Imigrasi Cabang Muara Enim Bapak Made Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim, Senin (30/8/2021).

Walikota Pagaralam: Kalau selama ini untuk buat atau mengurus Paspor kita harus meluangkan Waktu munimal 1 sampai 2 hari,namun dengan adanya Pelayanan Si Mamat ini,  khususnya untuk Para Pengiat Jasa Trevel seperti Perjalan keluar Negeri, seperti pengiat jasa Trevel Umroh dan Perseorangan dapat lebih cepat dalam mengurus Paspor.” kata Alpian.

Peluncuran perdana layanan e-Paspor di Kota Pagaralam bertujuan untuk mempermudah dan memperlancar masalah keimigrasian. Layanan e-Paspor sebelumnya telah tersedia di Kabupaten Muara Enim. Namun kalau mau mengurusnya kita perlu meluangkan waktu minimal satu hari, namun sekarang bagi Masyarakat kota pagaralam yang mau buat atau perpanjangan Paspor sudah bisa di Pagaralam.” ucapnya. 

Peluncuran ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Pagaralam Kak Pian, Kepala Devisi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI  Sumatera Selatan Herdaus Ketua PKK Kota Pagaralam, Koramil, Kepala Pengadilan,  Kepala Kemeneg, Kajari (mewakili Kajari) dan Forkopimda dan Camat sekota Pagaralam juga Kalapas cabang Kota Pagaralam.

Setelah penggutingan pita, Wali Kota Pagaralam beserta Forkopimda juga langsung menjajal layanan baru ini untuk membuat e-Paspor di tempat tersebut.

 E-paspor merupakan paspor yang memiliki teknologi chip untuk menyimpan data biometric penggunanya yaitu wajah dan sidik jari.
E-paspor juga memiliki data penerbit paspor tersebut sehingga mudah dilacak. Selain itu, keimigrasian lebih mudah mengidentifikasi pemilik paspor dan mempercepat proses keimigrasian karena terintegrasi dengan auto gate di tempat pengecekan paspor seperti bandara, pelabuhan, lainnya.

“Ini perlu kita apresiasi, khususnya Kantor Imigras Kelas II ini. Dengan e-Paspor masyarakat Kota Pagaralam akan lebih mudah ke luar negeri. Begitu juga dengan turis-turis yang masuk ke daerah kita, dengan teknologi e-Paspor akan lebih cepat, mudah dan lebih lancar. Mudah-mudahan ini bisa ditiru instansi lainnya demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kak Pian. 

Kepala Divisi Imigrasi Cabang Sumatrara Selatan, Hirdaus SH MH, didampingi Kepala Divisi muara enim Bapak Made. menyampaikan,  secara Giograpis Baru pertama kali Hadir di kota Pagaralam, Imigrasi Hadir di kota Pagaralam, imigrasi berbalik arah yaitu Imigrasi hadir dibawah kendali Kemkumham cabang Sumatra Selatan, cukup daptar secara Online dan pihak Imigrasi akan datang untuk melayani masyarakat khususnya Kota Pagaralam, pagaralam selangkah lebih maju dari kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (SumSel)
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Herdaus menyampaikan, peluncuran e-Paspor antara lain untuk mempermudah layanan keimigrasian dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat.”ujar Herdaus.

“Tujuan utama e-Paspor ini juga untuk memperluas tempat pembuatan paspor. Tidak ada persyaratan khusus untuk membuatnya,” tegasnya.( Novi-Pa).