Beranda Pemerintah Optimalkan Fungsi Lembaga, BPD Desa Lubuk Lancang Gelar Pisah Sambut

Optimalkan Fungsi Lembaga, BPD Desa Lubuk Lancang Gelar Pisah Sambut

71
0
BERBAGI

BANYUASIN, GP – Proses Pemilihan dan pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di sembilan desa khususnya dalam Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin sudah selesai beberapa waktu lalu.

Untuk mengoptimalkan fungsi lembaga tingkat desa tersebut yang akan memulai tugasnya, dilaksanakan kegiatan pisah sambut Ketua dan Anggota BPD yang lama dengan yang baru. Seperti halnya yang dilakukan BPD Desa Lubuk Lancang dengan menggelar pisah sambut Ketua dan Anggota BPD yang lama ke yang baru untuk periode 2019 hingga 2025.

Kepala Desa Lubuk Lancang Rusdi Tamrin dalam sambutanya mengucapkan selamat untuk pengurus dan anggota BPD yang baru masa kerja 2019-2025. Peran BPD sangat sentral dalam mengawal kebijakan ataupun program di desa, sehingga dalam hal meningkatkan pembangunan tentu dibutuhkan sinergitas antara pemerintah desa dengan BPD.

“Selamat bertugas, semoga sinergitas antara pemerintah desa dengan teman-teman BPD yang baru dapat mewujudkan kemajuan di Desa Lubuk Lancang, kami juga berharap BPD dapat memberikan masukan secara berkesinbungan sehingga capaian pembangunan dapat sejalan dengan program yang sama-sama kita sepakati,” terang Rusdi.

Rusdi Tamrin juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi pada pengurus dan anggota BPD yang lama masa kerja 2013 – 2019. “Kami atas nama kepala desa dan juga pribadi menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kerja sama dan mitra selama bersama-sama membangun desa enam tahun kebelakang. Meskipun sebagaian sudah tidak lagi menjabat, namun saran serta usul tetap kita perlukan dalam membangun desa kedepan,” harap dia.

Pengurus BPD yang baru menyampaikan sambutan diwakili oleh Ketua baru M Nazir, mengucapkan terimakasih pada pemerintah desa yang telah memfasilitasi acara pisah sambut antara BPD lama dan yang baru.

Dalam menjalankan tugas selama menjadi BPD enam tahun kedepan, tentu bukan waktu yang mudah. Saran serta masukan dari BPD yang lama tetap kami tunggu, karena sebagian besar BPD yang baru dilantik ini merupakan wajah baru.

“Meski telah memahami Tupoksi, namun tetap butuh bantuan dari BPD lama. Kedepan, mitra pemerintah desa dan BPD akan terus kita tingkatkan demi menjamin pembangunan yang maju diseluruh wilayah Desa Lubuk Lancang,” jelas dia.

Alexandri Ketua BPD lama dalam keterangannya mengharapkan agar anggota BPD lama tetap dapat bersinergi dengan yang baru, karena menurutnya kepentingan pembangunan Desa Lubuk Lancang tidak bisa dipecahkan oleh satu dua orang, pembangunan tidak akan maju dan tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ada persatuan semua elemen masyarakat di desa.

“Kami berharap kita semua tetap satu, baik teman-teman yang lama maupun yang baru, karena memajukan desa dengan fungsi pengawasan tentu merupakan tanggung jawab bersama, kita tidak mungkin bisa bekerja sendiri tanpa keterlibatan masyarakat,” terang dia.

Sementara itu Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si yang diwakili Kasubag Keuangan Jaharob Sarjono SE mengucapkan selamat pada pengurus BPD yang baru dan ucapan terimakasih juga disampaikan pada pengurus BPD yang lama.

Kami berharap jelas dia, BPD yang baru saja dilantik untuk periode 2019-2025 agar memahami dan bertanya bila dalam bekerja terdapat kekeliruan dan masalah.

“Sebelum bekerja, pahami Tupoksi BPD dan harus bisa menyerap, menampung dan mengawal setiap usulan warga masyarakat. Semoga, BPD yang baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik serta dapat mendukung pembangunan maju bagi Desa Lubuk Lancang,” tegas dia. (Adm)