Beranda Pemerintah Muba Raih Penghargaan Seven Outstanding Kategori Smart City

Muba Raih Penghargaan Seven Outstanding Kategori Smart City

60
0
BERBAGI

PALEMBANG, GP – Implementasi program berbasis IT di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus mendapatkan sorotan dari berbagai pihak, betapa tidak dalam kurun waktu dua tahun belakang ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin banyak mendapatkan pengakuan karena komitmen Bupati Dodi Reza Alex Noerdin yang dinilai sukses secara bertahap menjadikan Bumi Serasan Sekate menjadi Kabupaten Cerdas (Smart Regency)

Diantaranya, program Pemkab Muba melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Muba dalam mencetuskan aplikasi SENJANG (Saluran Elektronik Layanan Jaring Aspirasi dan Aduan Warga Muba), yang saat ini sedang dalam pengembangan versi lanjutan dengan nama Aplikasi MUBA FAST TRACK.

Tidak hanya itu, Kabupaten Muba juga melalui tangan dingin Bupati Dodi Reza Alex Noerdin juga melakukan pembangunan Muba Command Centre dan pemasangan CCTV di beberapa sudut kota Sekayu yang terkoneksi dengan Polres Muba dan Pemkab Muba sebagai tanda dimulainya Muba Smart Regency. Dalam waktu yang tidak terlalu lama Kabupaten Muba masuk dalam Gerakan 100 Smart City Indonesia.

Sebelumnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin juga pada November 2018 lalu didaulat Tim Penilai IT dari Perguruan Tinggi se-Sumsel dan Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Sumsel menjadi Bupati terbaik dengan leadership pembangunan berbasis IT.

Kedepan Bupati Muba tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur digital saja, melainkan pembangunan komunitaa digital juga dilakukan. Dengan mengusung program Make Muba 4.0 diharapkan kedepan akan muncul para digitalprenuer di Bumi Serasan Sekate.

Capaian-capaian ini pula yang kemudian membuat salah satu media cetak terbesar di Sumsel yakni Tribun Sumsel (Kompas Gramedia Group) memberikan penghargaan Seven Outstanding Kategori Smart Cities kepada Kabupaten Muba dalam rangkaian Main Event 7 th Anniversary Tribun Sumsel di Hotel Excelton, Selasa (2/7/2019) malam yang dalam hal ini penghargaan ini diterima secara langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informartika Muba, Herryandi Sinulingga AP yang mewakili Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin.

“Penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Muba dan ke depan Muba akan terus berbenah menjadi Kabupaten yang banyak kemajuan positif terutama di bidang IT,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba, Herryandi Sinulingga AP.

Sebelumnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin menyebutkan pengembangan pembangunan IT di Muba tersebut semata-mata untuk mewujudkan pembangunan dan pengetahuan cepat yang bisa didapat oleh masyarakat Muba. “Dalam waktu dekat juga Pemkab Muba akan melakukan pemasangan jaringan internet super cepat di 227 Desa yang ada di Muba,” ungkap Dodi.

Dodi menambahkan, pembangunan berbasis IT yang dilakukannya tersebut berkat dukungan banyak pihak dan seluruh masyarakat yang ada di Muba. “Selain itu, ini juga berkat kerja keras semua jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Muba,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala News Room Tribun Sumsel, Weni Ramdyastuti menyebutkan dalam rangkaian Main Event 7 th Anniversary Tribun Sumsel ini pihaknya memberikan penghargaan kepada tujuh daerah yang dinilai sangat komitmen dan konsisten program-programnya kepada kemajuan IT dan sangat gencar mewujudkan daerah yang smart city.

“Adapun tujuh daerah yang mendapatkan penghargaan ini yakni diantaranya Muba, Banyuasin, Pali, OKU Timur, Muara Enim, Prabumulih, dan Lahat,” ungkapnya.

Weni menambahkan, penilaian penghargaan tersebut dilakukan secara ketat dan akuntabel. “Setelah dilakukan seleksi penilaian, tujuh daerah inilah yang kemudian dinyatakan layak untuk mendapatkan penghargaan Seven Outstanding Kategori Smart Cities,” pungkasnya.(red)