BANYUASIN, GP — Menindaklanjuti Permendesa PDTT RI No 6 tahun 2020 tentang perubahan prioritas pengunaan Dana Desa tahun 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, menggelar musyawarah desa (musdes) perubahan RKPDes dan APBDes tahun anggaran 2020.

Acara tersebut berlangsung di Kantor desa setempat, Jum’at (25/09) yang dihadiri Kepala Desa (Kades) Talang Ipuh Ardina, Ketua BPD Talang Ipuh Eta Ismanto, S.Sos beserta anggota, perangkat desa, Kepala dusun (Kadus) dan para Ketua RT serta tokoh masyarakat Desa Talang Ipuh.

Kegiatan tersebut merupakan mekanisme dalam kegiatan pelaksanaan penggunaan anggaran Dana Desa dan merupakan instrumen yang sangat penting dalam rangka perwujudan tata pemerintahan yang baik dalam pembangunan di tingkat Desa.

Rapat perubahan RKPDes dan APBDes perubahan tahun anggaran 2020 tersebut merupakan ikhtiar dalam penanganan wabah Covid-19 sekaligus mendorong program kerja pemerintah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dana Desa (DD).

Kepala Desa (Kades) Talang Ipuh Ardina, mengatakan bahwa terjadinya perubahan RKPDes dan APBDes ini karena adanya pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.” Musdes RKPDes dan APBDes perubahan tahun 2020 dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Permendesa dimana di dalamnya desa diharuskan untuk melakukan rekofusing anggaran dana desa (DD) tahun 2020,” terang dia.

Kades Ardina juga menyebut bahwa APBDes Induk, itu yang telah di verifikasi kabupaten. APBDes induk tersebut sumber keuangannya bermacam – macam ada dari PAD, ada dari pendapatan transfer. Pendapatan transfer terbagi dua yakni ada DD dan ADD Kabupaten yang merupakan tunjangan dan oprasional,” ungkap dia.

Kades Ardian berharap agar kedepan dirinya selaku Kades Talang Ipuh dan Pemdes serta BPD dapat berjalan dengan baik. BPD adalah mitranya Pemdes jadi jangan ada permusuhan. “Tujuan kita ini sama untuk membangun desa,” tegas dia.

Selanjutnya kata dia, suka ataupun tidak suka RKPDes dan APBDes perubahan ini harus kita sahkan. Juga APBDes induk ini lanjut dia, kalau tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat untuk diketahui karena selalu ada perubahan.

“Akibat adanya pandemi ini, APBDes kita selalu mengalami perubahan,” ungkap dia seraya menambahkan bahwa untuk APBDes tahun 2020 ini, pihaknya telah merealisasikan pembangunan Plat duiker, rehab box culver dan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Dia menegaskan, bahwa untuk mewujudkan pengelolaan Dana Desa yang transparan, akuntable, partisipatif, tertib dan disiplin sesuai dengan Permendagri nomor 113 tahun 2014 dan berdasarkan ketentuan undang-undang no 6 tahun 2014 tentang desa beserta peraturan pelaksanaannya.

Maka dari itu lanjut dia, Pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa) sebagai satu-satunya dokumen perencanaan di desa.

“Setelah RKPDes sudah disepakati untuk penganggarannya perlu adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Untuk itu kita dari Pemdes Talang Ipuh mengadakan musdes penetapan dan pengesahan APBDes perubahan tahun 2020,” ujar dia.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa sebagai Kepala Desa harus bertanggung jawab dan wajib tranparasi kepada warga mengenai anggaran.”kita wajib untuk menyampaikan kepada masyarakat, secara transparan dan akuntabel sebagi bentuk tanggung jawab atas pengelolaan pemerintahan desa,”pungkas dia

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BPD Desa Talang Ipuh Eta Ismanto, S.Sos, mengatakan Anggaran dan Belanja Desa (APBDes) 2020 Desa Talang Ipuh hari ini telah disahkan, semoga dalam pelaksanaan penggunaan Dana Desa nanti diharapkan betul – betul bisa dipertanggungjawabkan dengan baik secara fisik maupun administrasi.

“Sehingga dengan Dana Desa yang sudah disalurkan Pemerintah Pusat diharapkan bisa menjadikan perubahan keadaan Desa Talang Ipuh yang lebih maju dan bermanfaat untuk kita semua.”Ucap Eta sapaan akrabnya.

Dikesempatan itu Eta juga menyampaikan bawa sejauh ini BPD sebagai mitranya Pemerintah desa masih berjalan dengan baik dan tidak ada masalah.” Alhamdulillah sejauh ini BPD dan Pemdes tidak ada masalah dan setiap ada pembangunan kita selalu melakukan monitoring,” pungkas dia.

Pada Musdes tersebut RKPDes dan APBDes perubahan tahun anggaran 2020 telah disetujui dan disahkan serta dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Desa Talang Ipuh dan BPD. (Adm).