BANYUASIN, GP — Mayat Mr X yang ditemukan dalam keadaan tergantung / gantung diri tanpa busana dan sempat membuat heboh akhirnya terungkap. Hal tersebut di sampaikan Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar, S.IK melalui Kasubag Humas Polres Banyuasin AKP Sutijo.

Dari identitasnya diketahui Irwanto kelahiran Palembang 13 February 1992 dengan nomor NIk :1404041302920002
Pekerjaan wiraswasta. Alamat Jalan Kampung Jawa RT.05 RW . 08 Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau,” kata Kasubag Humas Polres Banyuasin AKP Sutijo, lewat pesan WhatsApp Nya, Sabtu (12/09).

Sebelumnya Mr X yang ternyata bernama Irwanto jelas dia, ditemukan oleh warga pada, Sabtu, 12 September 2020 , sekira Pukul 10.30 WIB, dengan posisi tergantung / gantung diri tanpa busana dalam rumah kosong di Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Diberitakan sebelumnya bahwa mayat Irwanto ditemukan pertama kali oleh dua orang saksi yakni Antoni Bin Narso (16) dan Yogi Pratama Bin Sudarman (17). Kedua saksi tersebut merupakan warga Jalan Palembang – Betung, Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Adapun kronologis kejadian terang dia, didapatkan informasi dan laporan dari masyarakat bahwa ada mayat seorang laki-laki yang belum di ketahui identitas. Setelah dilakukan penyelidikan inavis didapat identitas bernama Irwanto dengan posisi gantung diri tanpa busana di rumah kosong Desa Pangkalan Panji Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin

Pada Saat Saksi 1 dan Saksi 2 datang kerumah kosong tersebut hendak mengambil Kelapa Muda dibelakang Rumah tersebut, mereka masuk kedalam rumah berniat menganti baju untuk menaiki pohon kelapa dan Saksi 1 melihat banyak ulat dilantai kemudian waktu melihat keatas ada sosok mayat tergantung, lalu kedua Saksi tersebut keluar dan memberitahukan kepada masyarakat sekitar TKP serta Kepolsek Pangkalan Balai.

“Dari laporan tersebut anggota Polsek Pangkalan Balai langsung menghubungi pihak RSUD Banyuasin dan langsung ke TKP sesampai di TKP Pihak RSUD Banyuasin menyatakan bahwa Mr X berjenis kelamin laki-laki telah lama meninggal dunia dalam posisi tergantung dan belum diketahui penyebabnya,” jelas dia.

Dia menuturkan, bahwa dari hasil olah TKP didapat kain hijau kotak – kotak terdapat dibawah mayat. Dibawah samping mayat terdapat bangku yang terguling, adapun tali yang dipergunakan untuk gantung yaitu tali tambang hijau disambung dengan karung plastik. Jarak antara Bubungan rumah tempat tali gantungan kelantai kira – kira berjarak 323 cm, jarak dari bubungan keleher korban (panjang tali) 189 cm, tinggi badan korban kira2 110 cm, jarak kaki korban kelantai kira – kira 87 cm.

“Penywbab kematian belum diketahui apakah murni gantung diri atau dibunuh lalu digantung, karna muka dan tubuh korban sudah rusak karena telah membusuk .Selanjutnya mayat tersebut diturunkan serta langsung di evakuasi sesuai protokol kesehatan dan dibawa ke RSUD Banyuasin guna pemeriksaan lanjut,” pungkas dia. (Adm)