Beranda POLHUKAM Mappilu Muba Ikuti Simulasi Pencoblosan Yang Dilaksanakan oleh KPUD

Mappilu Muba Ikuti Simulasi Pencoblosan Yang Dilaksanakan oleh KPUD

114
0
BERBAGI

Sekayu, GP – Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ikut simulasi penceblosan yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bertempat di Stabel Sekayu, Minggu (14/04/2019).

Acara tersebut guna mengetahui tata cara penceblosan pada hari Rabu tanggal 17 April nanti.

Menurut Ketua KPU Muba, Drs. Maryadi Mustofa, digelarnya simulasi ini bisa menggambarkan semakin kuatnya persiapan jajarannya menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2019.

Dalam simulasi tersebut akan diketahui persoalan dan masalah yang muncul terkait teknis pemungutan dan penghitungan suara.

“Kita berharap pemilu berlangsung lancar dan kredibel dan terhindar dari kesalahan-kesalahan teknis,” kata Rifqi Alimubarok sebelum pelaksanaan simulasi dimulai.

Dari simulasi itu juga ia berharap agar KPPS memerhatikan detil hingga hal terkecil dalam penyelenggaraan pemilu di TPS.

KPPS harus menentukan siapa yang bertugas sebagai KPPS 4 dan 5, karena harus diisi orang-orang yang paham siapa saja yang berhak menggunakan hak suaranya.

Sementara itu, simulasi dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dimulai dengan pengambilan sumpah dari seluruh anggota KPPS. Setelah itu, penghitungan surat suara yang akan digunakan hingga proses pemungutan suara.

Simulasi ini melibatkan sejumlah unsur, seperti Bawaslu, warga di sekitar Kantor KPU Muba, pemilih pemula, dan pemilih yang sudah paruh baya.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here