Beranda Pemerintah Listrik Masuk Desa Sri Agung, Kecamatan Karang Agung Ilir, Banyuasin

Listrik Masuk Desa Sri Agung, Kecamatan Karang Agung Ilir, Banyuasin

19
0
BERBAGI

BANYUASIN, GP – Peresmian desa berlistrik tahun 2019 Desa Sri Agung Kecamatan Karang Agung Ilir, Kabupaten Banyuasin, Rabu (04/11).

Dalam kesempatan ini, Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH mengucapkan banyak terimakasih dengan adanya listrik masuk Desa Sri Agung, Kecamatan Karang Agung Ilir, Kabupaten Banyuasin.

“Hal ini merupakan satu peluang investasi kedepan bahwa jaminan kebutuhan akan infrastruktur sarana kelistrikan terjaga dan terjamin, dengan bahu membahu. Kerja Bersama Terangi Indonesia,” ujar Bupati Askolani.

Harapan kami jelas Askolani, dengan adanya jaringan dan pasokan listrik, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan PLN siap mendukung kebutuhan listrik untuk rumah tangga, pengembangan usaha warga dalam mengelola komoditas kebun, peternakan sapi, dan hasil perairan sungai musi serta mendorong ekonomi di desa-desa.

“Pemerintah Kabupaten Banyuasin mengapresiasi tinggi langkah yang maju ini. Anak-anak bisa belajar hingga dimalam hari dengan penerangan yang cukup dan juga memicu ekonomi kreatif warga setempat dalam memanfaatkan kehadiran listrik di setiap sendi-sendi kehidupan melalui media elektronik penduduk akan lebih cepat dalam menerima arus informasi dan kemajuan terkini, sehingga dapat lebih meningkatkan taraf kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat,” katanya.

“Pemerintah Kabupaten Banyuasin dan manajemen PLN menitipkan aset kepada masyarakat Desa Sri Agung Kecamatan Karang Agung Ilir agar dapat dijaga dan dipergunakan sebaik mungkin demi kemajuan bersama, seiring dengan wujud dari visi dan misi Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur PLN Regional Sumatera, Wiluyo menyatakan bahwa program listrik pedesaan tahun 2019 telah mendorong peningkatan rasio elektrifikasi PLN di Sumatera dari akhir tahun 2018 sebesar 95,1% menjadi 97,71% di bulan Oktober 2019 dan rasio desa berlistrik (RDB) sebesar 98,50% pada bulan Oktober 2019 ini.

“Pada hari yang berbahagia ini, kita resmikan penyalaan listrik di 16 desa di Kabupaten Banyuasin yang manfaatnya insha Alloh akan segera dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Banyuasin ini,” katanya.

“Program desa berlistrik ini merupakan wujud dari pelaksanaan energi berkeadilan yang sedang PLN terapkan. Bahwa listrik harus sampai ke pelosok negeri dan tidak boleh satu pun saudara kami yang tidak merasakan listrik,” tegasnya.

Hal senada pun disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, SH bahwa Provinsi Sumatera Selatan saat ini untuk periode 5 (Lima) tahun yang akan datang adalah ‘Sumsel Maju Untuk Semua.

Dan salah satu misi terkait dengan sektor ketenagalistrikan adalah membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur termasuk dasar guna percepatan wilayah pedalaman dan perbatasan untuk mewujudkan daya saing daerah dengan mempertimbangkan pemerataan dan keseimbangan daerah.

“Pengembangan listrik pedesaan diarahkan untuk membantu kelompok masyarakat tidak mampu, mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejateraan masyarakat,” tegasnya.

Turut hadir General Manager PT. PLN Sumsel, Jambi, Bengkulu, Daryono, Eksekutif Vice President Pengembangan Regional Sumsel, Budi Pangestu, GM Unit Induk Pembangunan Sumbangsel, Dendi Kusuma Wardana, Kepala OPD Provinsi Sumsel dan Kabupaten Banyuasin, Camat Karang Agung Ilir, Yose Rizal, Kades Sri Agung, Rudi Hartono, Kades Se-Karang Agung Ilir, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat. (Adm)