BANYUASIN, GP — Atas nama Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH, Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si mengambil sumpah dan janji Feri Apandi sebagai anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Talang Ipuh masa jabatan 2019 – 2025.

Acara tersebut bertempat di halaman Kantor Desa Talang Ilpuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Selasa (22/02). Feri Apandi menggantikan Abdul Mustakim, S.HI yang mengundurkan diri. Pengangkatan Feri Apandi menjadi anggota BPD PAW berdasarkan Keputusan Bupati Banyuasin No. 150 KPTS/ DPMD 2021.

Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si usai mengambil sumpah dan janji Anggota BPD PAW tersebut dalam pengarahannya mengharapkan, sebelum menjadi anggota BPD perlu diawali dengan niat yang baik kemudian baru pahami akan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Anggota BPD.

”BPD sudah ada tupoksi sendiri dan sifatnya pengawasan terhadap Pemerintahan Desa terkait pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, pelayanan, serta pengelolaan dan pemanfaatan anggaran desa,” ujar Camat Sashadiman Ralibi.

Sashadiman mengharapkan BPD dan Pemerintahan Desa bisa bekerjasama dengan baik dan bersinergi serta menjalin harmonisasi dalam menjalankan roda pemerintahan sehingga dapat bersama-sama melaksanakan tugas di bidang pemerintahan dan pembinaan masayarakat

“Selamat bekerja, selamat bertugas selaku anggota BPD, untuk itu kami berpesan kepada Feri Apandi berikan segenap kemampuan dan sumbangsih pemikiran bagi kemajuan desa, jangan kita justru jadi penghalang bagi majunya desa, yang kami maksud adalah tidak memahami tugas pokok dan fungsi kita, jadi BPD harus tau tupoksinya ” ungkap dia.

Lanjut dia, yang paling penting dilakukan BPD itu adalah Pertama, apa program – program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa. Kedua, kita memastikan apa program itu berjalan sebagaimana rencananya, yang ketiga kita buat dasar hukumnya.

“Kita buat dasar hukumnya dengan membuat Perdes-perdes yang mendukung pelaksanaan pembangunan.
Jadi, antara BPD dan Pemerintah Desa ini harus seiring sejalan, supaya pembangunan berlangsung dengan baik, lancar, aman dan Desa kita menjadi lebih maju,” jelas dia.

Camat Sashadiman Ralibi juga menyampaikan terkait dengan 19 program Bupati yang harus dilaksanakan.”Tentunya 19 Program Bupati ia ini Kalau antara BPD dan Pemerintah Desa tidak bersinergi tidak akan trlakasana apalagi program DD tahun 2021 ini dipusatkan di perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat,” terang dia.

Dirinya juga menyinggung terkait akan diadakannya Pemilihan Kepala Desa di 9 Desa dalam Kecamatan Suak Tapeh salah satunya Desa Talang Ipuh, untuk itu dia mengharapkan agar berjalan aman dan kondusif.” Silahkan nanti bagi para calon untuk berkampanye tapi jangan saling menghujat,” tegas dia.

Ketua BPD Talang Ipuh Septa Ariansyah, S.Sos saat ditemui media ini mengucapkan terima kasih kepada Abdul Mustakim atas jasa dan pengabdiannya selama menjadi Anggota BPD. Dan mengucapkan selamat kepda Feri Apandi yang barusan usai dilantik semoga selalu Amanah dalam melaksanakan tugas sebagai Anggota BPD.

“Saya atas nama Ketua BPD mewakili rekan – rekan Anggota BPD yang lainnya mengucapkan terima kasih kepada Abdul Mustakim atas jasa dan pengabdiannya selama ini dan kepada Feri Apandi yang baru usai dilantik semoga Amanah dalam pengabdiannya sebagai Anggota BPD,” kata dia.

Sementara Kades Talang Ipuh Ardina mengucapkan selamat kepada Feri Apandi yang dilantik pada hari ini. “Semoga Allah SWT memberikan amanah ini, dan menjadikan ladang amal untuk mengabdi dan mengangkat marwah desa ini ke arah yang lebih baik lagi. Kita selaku manusia berusaha semaksimal mungkin, Allah yang akan menurunkan apa yang sesuai dengan niat hati kita,” imbuh dia.

Kades Ardina menyebut bahwa antara BPD dengan desa harus sejalan dalam hal menyusun program kedepan, juga dalam hal pembangunan desa kedepan. “Harapan saya sebagai kepala desa yang diamanahkan oleh warga masyarakat Desa Talang Ipuh untuk bersama-sama mengayunkan langkah memikirkan desa ini, membangun desa ini,” ungkap dia.
Seraya mengatakan bahwa dimana kunci utamanya adalah disiplin bersama-sama, bagaimana kita mengevaluasi, memberikan kontribusi yang terbaik untuk pembangunan Desa Talang Ipuh kedepan,

“Terimakasih banyak kepada Bapak Bupati Banyuasin yang telah meng-SK kan untuk mengesahkan bahwa untuk PAW BPD Talang Ipuh mulai hari ini telah sah menurut aturan yang berlaku di negara Republik indonesia ini. Sekali lagi, terima kasih kepada Bupati Banyuasin dan ucapan kami terimakasih banyak. Semoga Bapak Bupati Banyuasin diberikan kesehatan oleh Allah SWT memimpin Negeri Bumi Sedulang Setudung ini,” tandas dia.

Hadir pada acara tersebut Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si didampingi Kasi PMD Kecamatan Suak Tapeh Herianto, SH., M.Si, Perwakilan dari DPMD Banyuasin Rahman, KUA Suak Tapeh Drs. H. Jahri, Kades Talang Ipuh Ardina, Ketua BPD Talang Ipuh Eta Ismanto, S.Sos beserta Anggota, Jajaran Peragkat Sesa, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Adm)