BANYUASIN, GP — Dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana serta pembangunan, Desa Tanjung Laut l menerapkan program Dana Desa (DD), untuk mendorong pembangunan yang masif. Langkah ini diambil oleh Kades Tanjung Laut dan dilaksanakan dengan konsep strategis untuk mencapai hasil yang maksimal.

Hal tersebut di ungkapkan Kepala Desa (Kades) Tanjung Laut Samsul Bahri, saat di temui wartawan garudapost.com di Kantor Desa Tanjung Laut Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Jum’at (16/10).

Sebagai Kepala Desa Samsul Bahari, sejak awal sampai sekarang memimpin Desa Tanjung Laut, Kinerjanya Sangat dirasakan masyarakat setempat, dan sudah menetapkan pola baru dalam pemanfaatan DD yang difokuskan pada infrastuktur.

Upaya-upaya yang sudah dilakukannya dengan mengembangkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di bidang ekonomi, sosial dan budaya, sebagaimana dengan Visi, Terwujudnya Desa Tanjung Laut Yang Aman, Maju, Adil, Nyaman, Agamis, Harmoni dan Amanah.

Kades Sulba sapaan akrabnya, mengatakan, Dalam implementasi program dana desa, tidak cukup hanya dengan mengandalkan pemerintah daerah atau pemerintah pusat saja, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan karena menyangkut kepentingan bersama yakni dengan melalui musyarawah desa khusus (Musdesus).

“Sebagai aparatur pengelola anggaran, saya menginginkan pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan selalu tepat sasaran. Selain itu, saya juga mendorong usaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, seperti kegiatan yang membuka Kewirausahaan Cocok tanam melalui pergerakan progran kampung KB. Sehingga Warga Tanjung Laut dalam pengelolaan anggaran sudah kolektif, individu, transfaran dan akuntabel, serta bisa lebih maju, sejahtera kedepannnya.” ungkap dia.

Disinggung terkait masih adanya rumah warga yang tidak layak huni, Kades Sulba menyebut, itu juga sudah menjadi skala prioritas Pemdes Tanjung Laut dan jelas dia, untuk Dana Desa tahap II tahun 2020, ia telah merealisasikan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 5 unit rumah.

“Program bedah Rumah Tidak Layak Huni akan terus kita genjot dan termasuk di tahun 2021 nanti untuk Dana Desa juga akan ada program bedah Rumah Tidak Layak Huni. Intinya saya berharap di Desa Tanjung Laut rumah warga semuanya layak huni dan nyaman ditempati,” tegas pria yang dikenal rama dan punya jiwa sosial yang sangat tinggi.

Salah seorang okoh dan masyarakat setempat ketika dibincangi, menyebut sangat baik sekali kinerjanya Kades Tanjung Laut, seperti halnya kegiatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang keagamaan dan kewirausahaan yakni melalui program Kampung KB.

“Pembangunan di Desa Tanjung Laut dalam masa kepemimpinannya berkembang pesat, dan bisa dirasakan oleh warganya. Pembangunan infrastuktur maupun peningkatan ekonomi warga, melalui pembangunan jalan desa yang telah di cor beton, TPT, dan bidang lainnya bisa dirasakan manfaatnya.” ungkap dia. (Adm).