BANYUASIN, GP — Dalam rangka persiapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa Tahun 2021, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, menggelar Acara Musyawarah Dusun (Musdus) di wilayah dusun II yang bertempat di Masjid Taqwa desa setempat, Senin (14/09) malam.

Musdus tersebut di pimpin langsung Ketua BPD Talang Ipuh Eta Ismanto, S.Sos, dan dihadiri anggota BPD perwakilan dusun II, Tridinata, Feri Apandi, serta anggota BPD Keterwakilan Perempuan Suci, Ketua RT dan Kadus II Jadil. Juga hadir Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, perwakilan perempuan dan Warga lainnya dari perwakilan dusun II.

Kepala Dusun (Kadus) II Jadil, dalam sambautannya menyampaikan Ucapan Terima Kasih kepada seluruh yang hadir dalam acara tersebut sehingga berjalan dengan lancar tanpa sebuah hambatan.

Dirinya juga berharap dalam acara Musdus yang menjaring Aspirasi warga Dusun II ini bisa terelasasi yang menjadi skala prioritas demi pemerataan Pembangunan di Desa Talang ipuh

Sementara Ketua BPD Talang Ipuh Eta Ismanto dalam sambutan nya saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa Musdus malam ini adalah Agenda ke 2 BPD, beberapa waktu lalu kami sudah menggelar Musdus di Wilayah Dusun I, Nah Malam ini di Wilayah Dusun II. “Acara Musdus ini bertujuan untuk menyerap dan menjaring aspirasi Warga dalam pemerataan Pembangunan Desa,” kata dia.

Ketua BPD yang biasa akrab disapa Eta itu juga menjelaskan, pelaksanaan Musdus ini, apa yang disampaikan oleh masyarakat maupun RT, Kadus, kita akan sampaikan, rumuskan di Acara Musyawarah Desa (Musdes) nanti, tentunya harus mengikuti aturan yang telah ditentukan.

“Kami selaku BPD mengawali dari Musyawarah Dusun (Musdus), dan tidak menyimpang apa yang menjadi tujuan Desa Talang Ipuh yang disesuaikan dengan Visi dan Misi Desa Talang Ipuh”,tegas Eta.

Setelah Musdus ini selesai dari Dusun I dan II, akan diteruskan di acara Musyawarah Desa (Musdes) nanti, baru kami rumuskan akan kami pilah pilah mana yang menjadi skala prioritas yang bisa dibangun dan di anggarkan melalui rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) Tahun 2021 yang bisa di anggarkan melalui dana dari DD, ADD.

”Bagi yang tidak terkaper dalam Anggaran Desa, Nanti bisa di usulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kecamatan untuk di sampaikan Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten”, papar Ketua BPD yang dikenal mudah bergaul ini.

Dari Musdus tersebut ada beberapa usulan dari masyarakat Dusun II yakni,
Pembangunan Desa Wisata, Kebersihan Desa, Tempat parkir motor di Masjid Taqwa. Rehab Kantor TPA, Pembangunan Kotak Sampah di setiap RT, Normalisasi sungai.Tingkatkan keamanan Poskamling, Gedung Serbaguna dan perbaharui Jembatan penghubung air besar di Dusun I RT 04. (Adm)