Beranda Ekobis Jalin Kemitraan dengan BRI, Dodi Yakin BUMDes di Muba Makin Maju

Jalin Kemitraan dengan BRI, Dodi Yakin BUMDes di Muba Makin Maju

20
0
BERBAGI

SEKAYU, GP – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) menggelar Seminar Kemitraan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk Cabang Sekayu, dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kabupaten Muba.

Acara berlangsung di Opproom Pemkab Muba, Rabu (28/8/2019) dan dibuka langsung oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin. Pada kesempatan tersebut dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Pemkab Muba dengan PT BRI (Persero) Tbk Cabang Sekayu.

Dalam sambutannya, Dodi mengatakan keberadaan BUMDes sangatlah strategis dalam pengembangan ekonomi, sehingga BUMDes di harapkan menjadi satu pilar kegiatan di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial.

“Dengan menjalin kerjasama ini tentu akan semakin meningkat kemajuan BUMDes, karena saya percaya sejatinya BRI fokus pada pembiayaan mikro, tentu sangat cocok untuk perkembangan BUMDes, yang awalnya skala kecil mudah-mudahan bisa menjadi skala menengah dan bahkan suatu saat bisa meningkat ke skala lebih besar,”ujar Bupati.

Lanjutnya, “saya sudah banyak dengar prestasi BUMDes kita, maka perlu ditularkan ke BUMDes yang lainnya. Ada 227 BUMDEs di Kabupaten Muba, saya yakin pasti ada produk unggulan. Dilaporkan masih ada beberapa BUMDes belum berjalan dengan baik, saya harap dengan kemitraan ini bisa meningkatkan ranking yang belum baik menjadi terbaik, “imbau Dodi.

Bupati Muba juga pesankan kepada pengurus BUMDes, untuk bersyukur karena ada kemitraan dengan BRI, harus bisa mengambil ilmunya dan manfatakan fasilitas dari BRI. Harus bisa menghasilkan sesuatu yang membuat BUMDes lebih baik.

“BRI jelas mendapatkan untung karena portofolio mereka semakin berkembang, dan di desa-desa bisa menambah pelayanan kepada nasabah seperti fasilitas BRILink. Kepada BUMDes kembangkan fasilitas pembiayaan ini, baik itu berupa pembinaan atau bagaimana berusaha dengan baik, nah manfaatkan ini. Insyaaallah kerjasama dengan baik ini bisa membawa BUMDes di Muba akan lebih maju lagi kedepan,”bebernya.

Sementara itu Vice President Micro Banking Regional Sumbagsel, Asep Nugraha sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena Pemkab Muba telah memilih BRI untuk kemitraan dengan BUMDes di Kabupaten Muba, dengan begitu bisa meningkatkan tata kelola keuangan yang lebih baik.

“Kegiatan seminar ini dapat terjalin pertukaran informasi yang baik antara BRI dan BUMDes yang ada di Kabupaten Muba, sehingga dapat terjalin sinergitas yang baik ke depan, utamanya untuk menghidupkan produk-produk lokal khususnya yang di kelolah oleh BUMDes sehingga dapat mempermudah proses peminjaman modal usaha bagi mereka,”jelasnya.

Menurut laporan Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba, Richard Cahyadi AP mengatakan peserta yang mengikuti seminar yaitu Kades, Ketua BPD dan Direktur Bumdes 227 beserta Anggota se Kabupaten Muba.

“Jumlah BUMDes di Muba ada 227 dan ada 6 kategori usaha yaitu meliputi usaha layanan kebutuhan masyarakat, usaha jasa penyewaan barang, usaha jasa perantara (PPOB/agen BRILINK), Produksi, Finansial , Holding,”jelasnya.

Richard juga memaparkan bahwa dari 227 BUMDes ada 105 BUMDes yang berjalan dengan baik, selebihnya dalam tahap proses berjalan, mengalami pergantian usaha, pergantian kepengurusan, kesulitan dalam menentukan potensi usaha.

“Harapan yang ingin dicapai dalam kerjasama ini, Bank BRI sebagai agent of development dapat memberikan dukungan untuk memperkuat BUMDes dalam bentuk pendampingan baik dalam sisi manajemen keuangan, manajemen pengelolaan SDM dan manajemen pemasaran. Kemudian BRI dapat menjadi stimulan bagi usaha – usaha yang ada di BUMdesa untuk dapat berkembang dan memberi provit serta benevit bagi desa,”pungkasnya. (Ril)