BANYUASIN, GP – Patut di apresiasi, dimana pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banyuasin cepat dan akurat dan hanya membutuhkan waktu cukup 15 menit.

“Bagi masyarakat yang ingin mengurus Jamkesda asal syarat – syaratnya sudah lengkap cukup 15 menit bisa selesai,” kata Kasi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin H. Ida Bahagia, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (02/10).

Lebihlanjut dijelaskan Ida, Warga yang urus Jamkesda di Dinas Sosial kurang lebih 30 orang perhari, dan syarat kalau lengkap cepat selesai sesuai ketentuan yang ada.

“Kalau yang datang urus Jamkesda 30 orang perhari, dan syaratnya melengkapi berkas seperti surat keterangan miskin dari Pemdes atau kelurahan di legalisir oleh Kecamatan, surat rujukan dari Puskesmas, photo copy KK dan KTP, dan untuk anak dibawah umur akte atau KIA,” Jelasnya.

Dikatakan ida bahw Rumah Sakit yang bekerjasama program Jamkesda, RSUD Banyuasin, RS Muhammadiyah Palembang dan RS Siti Khodijah Palembang demikian dikatakan Ida dalam rangka kerjasama rumah sakit.

Menurut Ida, persyaratan tersebut Dinkses yang menentukan dan Dinsos hanya merekomendasikan bahwa peserta ini dianggap tidak mampu dan butuh pelayanan kesehatan.

Ida juga mengatakan bahwa kendala kita ini yakni data yang dipengang hanya data offline. “Jadi harapan kita Kalau bisa data tersebut satu pintu dan semuanya online baik dari Dinkes, BPJS dan Dinsos,” ungkap dia.

Dijelaskan Ida, bahwa para peserta yang setiap hari datang ke Dinsos berbagai hal yang diurus , ada yang mengurus Cetak Kartu berobat Jamkesda, rekom bayi baru lahir dan transisi BPJS dari Bank Mandiri ke PBD.

“Peserta lebih banyak mengurus Besik Data Terpadu (BDT) dan sama cetak kartu BPJS dan dalam 6 bulan terkahir ini ada 1126 peserta yang mengurus,” imbuh dia. (Adm)