Beranda Pemerintah HUT Harganas ke – XXVII, PLKB Suak Tapeh Layani KB Gratis Sebanyak...

HUT Harganas ke – XXVII, PLKB Suak Tapeh Layani KB Gratis Sebanyak 118 Akseptor

135

BANYUASIN, GP — Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin manargetkan pelayanan kepada 180 akseptor KB dari berbagai jenis alat kontrasepsi​​​​​​saat pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni 2020.

“Dalam Peringatan Harganas 29 Juni 2020, secara serentak se-Indonesia dilakukan pelayanan KB gratis dengan target layanan sejuta akseptor. Kami dari PLKB Suak Tapeh telah melayani sebanyak 118 Akseptor untuk KB Inplan,” kata Korlap PLKB Suak Tapeh Darminto, S.Sos, Senin (29/06) saat melalukan pelayanan KB gratis di UPT Puskesmas Suak Tapeh.

Ia menuturkan bahwa layanan KB gratis dalam rangka Harganas XXVII tahun 2020 ini dilakukan melalui kerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kecamatan Suak Tapeh karena lembaga ini telah berpengalaman dan memiliki jaringan bukan hanya di tingkat kabupaten/kota, tapi juga hingga ke desa-desa.

Untuk itu, jelas dia, melalui kerja sama dengan IBI diharapkan layanan KB gratis dalam rangkaian Peringatan Harganas 2020 ini bukan hanya menyasar warga di perkotaan, tapi juga penduduk di pedesaan.

Ia mengatakan bahwa PLKB Suak Tapeh dan IBI  telah sepakat bersama-sama memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Harganas maupun HUT IBI Suak Tapeh sehingga keduanya siap memberikan pelayanan KB gratis untuk masyarakat luas.

“Tahun ini IBI Suak Tapeh berulang tahun ke- 69, tepatnya 24 Juni 2020, sementara Peringatan Harganas XXVII 2020 jatuh pada 29 Juni. Waktunya hampir bersamaan, makanya kami sepakat melakukan giat bersama dalam pelayanan KB gratis,” ucap dia.

Dalam hal ini, lanjut dia lagi, DP2KBP3A melalui penyuluh atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) menggerakkan calon akseptor di masing-masing wilayah tugasnya, kemudian bidan yang akan memberikan pelayanan KB.

“Gerakan pelayanan satu juta akseptor ini dilakukan secara serentak di masing-masing provinsi hingga kabupaten/kota seluruh Indonesia. Semoga target akseptor yang terlayani pada 29 Juni 2020 dapat mencapai target,” tandas dia.

Menurut Darminto, khusus pelayanan KB Inplan (MKJP) perdesanya ditargetkan 2 akseptor namun kini setiap desa sudah mencapai 10 akseptor perdesanya.” Dari terget kita sudah over target untuk KB Inplan,” jelas dia. (Adm)