BANYUASIN, GP — Potensi kerumunan yang terjadi di kawasan Kota Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin perlu diperhatikan, apalagi saat libur lebaran Idul Fitri 1442 H. Untuk mencegah terjadinya kerumunan pengunjung, Satpol PP Banyuasin melakukan pembatasan pengunjung.

Kasat Pol PP Banyuasin Drs. H. Indra Hadi, M.Si melalui Kabid Tibumtram Satpol PP Banyuasin Bustanil Arifin, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pihaknya selain melakukan pembatasan pengunjung di taman kota Pangkalan Balai juga Satpol PP Banyuasin bersama Satlantas Polres Banyuasin melakukan penertiban aksi balap liar di seputaran taman kota Pangkalan Balai.

“Kita antisipasi jangan sampai kerumunan terjadi di taman kota Pangkalan Balai selama liburan Idul Fitri 1442 H. Bagaimana polanya? ya harus sinergi antar instansi terlebih, saat ini sejumlah aparat perbatasan tengah fokus menjaga keluar masuk perbatasan,” kata Kabid Tibumtram Satpol PP Banyuasin Bustanil Aefin, S.Sos., M.Si, Minggu (16/05).

Menurut Bustanil sapaan akrabnya bahwa kegiatan ini guna mengantisipasi terjadinya lonjakan pengunjung hingga menimbulkan kerumunan serta untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung taman kota Pangkalan Balai yang mengisi libur Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1442 H.

Ia menambahkan, Selama Operasi pengamanan di obyek wisata kota Pangkalan Balai, pihaknya akan terus tingkatkan Protokol Kesehatan sehingga tidak terjadi kerumunan pengunjung, guna mengantisipasi lonjakan penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

“Kami akan secara rutin menghimbau warga yang berada di lokasi wisata taman kota Pangkalan Balai untuk mematuhi protokol kesehatan Covid19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan,”terang dia.

Terkait dengan balap liar, jelas Bustanil, Satpol PP dan Satlantas Polres Banyuasin bersama dan saling sinergi menjaga harkamtibmas. Kali ini sasaran kita adalah mencegah balap liar di seputaran taman kota Pangkalan Balai.

Kata dia, dalam kegiatan antisipasi balap liar di wilayah hukum Polres Banyuasin, pihaknya mengedepankan jajaran Lalu Lintas (Satlantas) yang dibantu oleh Satpol PP Kabupaten Banyuasin.
“Patroli dilaksanakan bersama di seputaran taman kota Pangkalan Balai
yang dianggap rawan balap liar,”sebut dia.

Lanjut dia, pihaknya bersama Satlantas Polres Banyuasin dalam giat tersebut mengedepankan preventif dan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi balap liar, karena dapat membahayakan keselamatan berlalu lintas. Namun juga tidak segan untuk melakukan penindakan.“Namun demikian, kalau ada pelanggaran dilapangan terpaksa ditindak sesuai prosedur hukum yang berlaku,” tegas dia.

Selain mencegah balap liar, patroli gabungan tersebut juga untuk mengimbau masyarakat untuk bersama mencegah penyebaran Covid-19. “Bila ditemukan adanya kerumunan masyarakat dan tidak menggunakan masker, akan kita berikan teguran dengan humanis,” pungkas dia. (Adm)