Beranda Gaya-Kesehatan Hari Kanker Sedunia, Kabupaten Pali Gebyar “Saya Peduli Untuk Deteksi Dini”

Hari Kanker Sedunia, Kabupaten Pali Gebyar “Saya Peduli Untuk Deteksi Dini”

136
0
BERBAGI

Pali, GP – Untuk memperingati hari kanker sedunia Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) mengelar kegiatan yang di beri tema, I AM AND I lWILL “Saya Peduli Untuk Deteksi Dini”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Betung Selatan Kecamatan Abab Kabupaten PALI, Senin (11/2).

Kegiatan yang diberi nama Gebyar program inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) /kanker leher rahim dan clinical breast examination (CBE) / kanker panyudara tersebut dihadiri juga oleh Bupati PALI Ir H Heri Amalindo M M, dan istri Ketua penggerak PKK Kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina, serta sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkab PALI.

Perlu kita ketahui menurut laporan data dari Plt kepala DINKES PALI peserta pada program tersebut, ada 160 orang, dan wanita PUS dari 8 desa dari Abab dan Tanah Abang, Sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina Istri Bupati, mengajak seluruh wanita Pasangan Usia Subur (PUS) untuk tidak malu-malu memeriksakan dirinya, sebagai antisipasi penyakit kanker rahim dan kanker payudara, Diketahui bahwa penyakit mematikan nomor satu di dunia bagi wanita, adalah kanker, untuk itu dengan adanya program ini, jangan malu untuk melakukan pemeriksaan dini penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara,” jelas istri Bupati.

Selain melakukan program pemeriksaan kanker, dikatakan Hj Sri Kustina bahwa TP.PKK PALI mendapat tugas perhatian terhadap penyakit TB Paru, Penderita TB Paru di Kabupaten PALI dari data Dinkes ada 450 orang. Ini harus kita cegah dan diobati karena penyakit ini sangat menular. Selain melakukan upaya pencegahan kita juga akan membagikan makanan tambahan bagi penderita TB Paru,” ajaknya.

Sebagai orang nomor satu di bumi serepat serasan ini, mengajak dan menjelaskan Selain pemeriksaan kanker, Bupati juga menghimbau masyarakat agar mewaspadai penyakit TB Paru. “Jangan malu untuk berobat, dan akan diberikan juga makanan tambahan bagi penderita tersebut, Bupati juga menghimbau Kepada seluruh bidan untuk segera menyampaikan informasi adanya penderita TB paru, karena penyakit ini harus segera diobati, cara pengobatan harus rutin selama 6 bulan,” tutup Bupati. (All)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here