BANYUASIN, GP – Emi Sumirta, SE., M.Si selaku Anggota DPRD Banyuasin merasa bangga atas terpilihnya I Wayan Darmawan sebagai Presidium I (Sekjend) Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Periode 2021-2023 dalam MAHASABHA XII dilaksanakan di Cisarua Bogor, Kamis 18-24 Maret 2021.

Emi menuturkan, salah seorang putra terbaik Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin berkancah ditingkat nasional, saya bangga terhadap I Wayan Darmawan yang menduduki Sekjend PP KMHDI. Selain sesama putra Transmigrasi dia tinggal se desa dengan saya di Desa Sidoharjo Kecamatan Air salek Kabupaten Banyuasin.Desa yang pernah saya pimpin pada tahun 2019 sampai dengan 2013,” ujar Emi Sumirta, Kamis (24/03).

Bahkan lanjut Emi, kami mempunyai hubungan yang sangat erat sebagai saudara senasib dan sepenanggungan walaupun berbeda dalam agama. Lebih dari itu orang tua nya adalah teman sekolah saya di SDN 2 Sidoharjo yang saat ini menjadi SDN14 Air Salek.”Saya berharap Iwayan Darmawan mampu mengharumkan nama Desa Sidoharjo atau jalur,”tutur Emi.

Emi berujar, ini sesuatu hal yang sangat membanggakan khususnya masyarakat Air Salek dan Kabupaten Banyuasin pada umumnya karena orang jalur mampu bersaing di kancah nasional serta menjadi motivasi bagi generasi muda jalur untuk terus berjuang dan berkarya. “Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses buat Iwayan Darmawan,” Tandas dia.

Untuk diketahui bahwa proses pemilihan Presidium PP KMHDI pada perhelatan MAHASABHA kali ini di ikuti oleh 6 Calon dari seluruh Indonesdia. Dalam merebutkan kursi pimpinan tertinggi PP KMHDI ini terpilihlah tiga (3) suara tertinggi yakni I Putu Yoga Saputra, Putu Asrinidevy dan I Wayan Darmawan.

Untuk menentukan komposisi dan pembagian tugas PP KMHDI dilakukanlah proses musyawarah dan mufakat oleh 3 suara tertinggi sehingga menghasilkan kesepakatan bersama tiga (3) calon tersebut. Dengan menyepakati I Putu Yoga Saputra Sebagai Ketua Presidium, I Wayan Darmawan sebagai Presidium I (Sekjend), dan Putu Asrinidevy sebagai Presidium II (Bendum).

I Wayan Darmawan lahir di Musi Banyuasin. Pendidikan tingginya diselesaikan di Universitas Bina Darma Palembang pada tahun 2019. I Wayan Darmawan menyelesaikan memulai karirnya di KMHDI pada tahun 2014 sebagai anggota non Bidang PD KMHDI Sumatera Selatan. Kemudian menjabat sebagai Ketua Biro Organisasi PD KMHDI Sumsel 2016-2018 dan jabatan terakhirnya sebagai ketua PD KMHDI Sumatera Selatan periode 2018-2020.

I Wayan Darmawan mengatakan bahwa kader KMHDI harus memiliki jati diri yang kuat dalam setiap jiwa kadernya sebagai pondasi dalam mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan organisasi.”Semangat juang kader KMHDI yang solid dalam gagasan dan gerak harus ditanamkan untuk mewujudkan tujuan organisasi,” ujar I Wayan Darmawan.

Lanjut dia, KMHDI kedepan harus memiliki tata kelola yang baik untuk mewujudkan organisasi yang moderen dan berbasis digital.”Kader KMHDI harus memiliki karakter dan mental yang kuat dan berdayasaing, sebagai intelektual Hindu yang progresif sehingga mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat,” tegas I Wayan Darmawan.

Tanggung jawab sebagai Presidium I (Sekjend) terang dia, tentu tidaklah mudah, kepercayaan yang diberikan oleh seluruh kader KMHDI Indonesia ini akan saya jawab dengan dedikasi dan kinerja semaksimal mungkin untuk melayani PD dan PC KMHDI di seluruh Indonesia.”Kita harus optimis untuk dapat membawa KMHDI menjadi lebih baik kedepan, menjadi organisasi mahasiswa yang religius, humanis, nasionalis dan progresif,” Tandas dia. (Adm)