Beranda Legislatif DPRD Tetapkan 4 Raperda Kabupaten Muba

DPRD Tetapkan 4 Raperda Kabupaten Muba

53

Sekayu, GP – Bersama Bupati dan DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Tetapkan 4 (Empat) Raperda di gedung Paripurna pada hari Jumat (20/12/2019).

Rapat tersebut dipimpin oleh Sugondo Selaku Ketua DPRD, Anggota DPRD, H. Dodi Reza Alex Noerdin selaku Bupati Kab. Muba, Sekretaris Daerah Muba, Asisten Setda Muba, Polres Muba dan Perangkat Daerah Kab. Muba.

Pansus I (Kesejahteraan Sosial) dengan Juru Bicara H. Ahmadi Dausat mengucapkan terima masih kepada semua Perangkat Daerah terkait atas Partisipasi dan Aktif dalam pembahasan 4 (empat) Raperda Muba. Tujuan Raperda ini untuk mengurangi angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, Memprioritaskan dan mengutamakan Disabilitas yang berbakat dan berprestasi untuk ikut serta dalam Perlombaan di Bidang Olahraga.

Pansus II (Pemberdayaan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal) dengan Juru Bicara Muhamad Yamin berharap kepada Seluruh Perusahaan di Kab. Muba agar memprioritaskan 3/4 Tenaga Kerja Lokal yang memiliki Sertifikat Pelatihan Lembaga terkait sesuai Bidang Keahlian masing-masing.

Diharapkan Raperda ini dapat menciptakan Tenaga Kerja yang berkualitas sesuai Bidang Keahlian, Mengurangi Angka Pengangguran, memberikan Perlindungan Hukum atas Penyelesaian Permasalahan Tenaga Kerja pada Perusahaan dan Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan lainnya untuk Keluarga (Istri, Anak Kandung dan Anak Angkat yang Sah) Pahlawan di Kab. Muba.

Pansus III (Pengelolaan Sampah) dengan Juru Bicara Senen menyampaikan bahwa Raperda ini bertujuan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan, Kualitas Tanah, Menjaga Kesehatan Masyarakat Muba dan meningkatkan Perekonomian Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah. Harapannya kepada Bupati Muba agar menambah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Bidang Pengelolaan sampah.

Pansus IV (Pengelolaan Air Limbah Domestik) dengan Juru Bicara Damsih, SH menyampaikan bahwa harus ada Ketersediaan Sarana Prasarana di Lingkungan Masyarakat, Penyediaan Air Bersih, Pencegahan Penyakit dan Pembuatan MCK. Raperda ini bertujuan untuk memberikan Payung Hukum terhadap Permasalahan Air Limbah baik itu Limbah Perusahaan, Limbah Rumah tangga, Limbah Rumah Makan, Limbah Asrama, Limbah Rumah Sakit dan lainnya.

Pansus I, II, III dan IV DPRD mengusulkan menerima dan Menyetujui 4 (empat) Raperda Muba untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kab. Muba.

Adapun 4 (empat) Raperda Muba untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kab. Muba yaitu :

  1. Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial
  2. Pemberdayaan dan Penempatan Tenaga Kerja
  3. Pengelolaan Sampah
  4. Pengelolaan Air Limbah Domestik

Rapat ini dilanjutkan Pengambilan Keputusan Bersama antara DPRD dan Bupati Muba terhadap Raperda Kab. Muba dan Penandatanganan Naskah Persetujuan atas 4 (empat) Raperda Kab. Muba Tahun 2019.

Pada kesempatan ini, Bupati Muba mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD atas Peraturan Daerah Muba dan Apresiasi kepada anggota Bapempedda DPRD atas ditetapkannya 4 (empat) Peraturan Daerah Kab. Muba. Peraturan Daerah ini merupakan Produk Pertama dari Masa Bakti Anggota DPRD Periode 2019-2024. Apresiasi kepada Anggota Bapemperda DPRD dan 4 (empat) Pansus yang telah berupaya Maksimal dan tidak mengenal waktu demi menghasilkan Produk yang berkualitas dan Kesejahteraan Masyarakat dan Mendukung Perekonomian Masyarakat. Diharapkan Kerjasama Perangkat Daerah Muba terkait agar 4 (empat) Peraturan Daerah Kab. Muba ini tercapai sesuai keinginan.

4 (empat) Raperda Muba akan disosialisaikan agar dapat diketahui masyarakat luas dan diundangkan melalui Perangkat Daerah terkait.

Dilanjutkan dengan Penandatangan Penetapan Tata Tertib DPRD Muba oleh Sugondo selaku Ketua DPRD Kab. Muba.

4 (empat) Peraturan Daerah Kab. Muba telah ditetapkan, diharapkan Peraturan Daerah Muba dapat memberikan Kemakmuran, Kesejahteraan dan bermanfaat bagi Masyarakat Muba sesuai dengan Target yang akan dicapai. (Ril)