Palembang, GP – DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat Paripurna Istimewa XXVIII (28) dengan agenda penyampaian rekomendasi DPRD Sumsel terhadap LKPJ Gubernur Sumsel tahun anggaran 2020 di ruang rapat Paripurna DPRD Sumsel, Senin (3/5).

Rekomedasi tersebut dibagi dalam lima bidang antara lain pemerintahan, perekonomian , keuangan, pembangunan, kesejahteraan rakyat dan dibacakan oleh Ahmad Firdaus SE MSi.

Dibidang pemerintahan, Ahmad Firdaus menyampaikan agar setiap OPD melakukan peningkatan kinerja dan koordinasi antar instansi yang lebih baik serta melakukan inovasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sehingga kinerja OPD dapat lebih efektif, efisien dan akuntabel.

“Sementara di bidang ekonomi DPRD Sumsel meminta Pemprov Sumsel meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait untuk memfasilitasi pemasaran produk-produk dari kabupaten/kota yang berkualitas ekspor,” ujarnya.

Untuk bidang keuangan, lanjut Firdaus, DPRD Sumsel meminta Pemprov Sumsel mengoptimalkan pengelolaan pendapatan daerah dengan mensinergikan program intensifikasi dan ekstensikasi serta diversifikasi sumber-sumber pendapatan daerah.

“Intensifikasi difokuskan pada upaya peningkatan kualitas pelayanan pajak dan retribusi daerah, penyederhanaan birokrasi, peningkatan tertib administrasi, penegakan sanksi dan mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat serta mendukung penyediaan sarana dan prasarana penunjang operasional bagi UPTB bapenda di kabupaten/kota,” katanya.

Untuk bidang pembangunan, DPRD Sumsel meminta Pemprov untuk memperioritaskan penyusunan anggaran dinas Bina Marga dan Tata Ruang ke depan dengan berkonsultasi dan berkoordinasi kepada pemerintah pusat terkait penganggaran APBN.

“Terakhir di bidang kesejahteraan rakyat DPRD mengapresiasi pemprov Sumsel yang telah mengalokasikan intensif untuk guru honor tahun 2021 dan pergub tersebut agar bisa segera diterbitkan sehingga intensif ini akan menjadi penyemangat bagi guru honor se Sumsel,” ujarnya kembali.

Sementara, Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD)  memberikan  apresiasi dan ucapan terima kasih yang tinggi kepada ketua, wakil-wakil ketua dan anggota  atas rekomendasi yang diberikan terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2020

“Kedepan akan lebih ditingkatkan. Selanjutnya terhadap program dan kegiatan yang masih merupakan catatan atas rekomendasi yang disampaikan oleh Pansus-pansus DPRD Sumsel” ujar Gubernur Herman Deru (HD)

HD mengutarakan ada yang masih memerlukan penyempurnaan di bidang administrasi dan pelaksanaan kegiatan akan menjadi perhatian Pemprov Sumsel dan akan ditindaklanjuti penyempurnaannya sesuai target pembangunan yang telah ditetapkan.

“Terhadap keberhasilan program dan kegiatan yang telah dicapai dengan baik di bidang pembangunan disampaikan pada Laporan pembahasan dan penelitian oleh Pansus-pansus DPRD,” katanya.

Sedangkan Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati katakan Rekomendasi DPRD Prov Sumsel terhadap LKPJ Gubernur Sumsel Tahun Anggaran 2020, untuk dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

”Setelah mengkaji dan menganalisis LKPJ Gubernur Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2020, maka dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, secara umum DPRD Provinsi Sumatera Selatan menerima dan menyetujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban LKP Tahun Anggaran 2020,″ ujarnya

Pada kesempatan  tersebut dilakukan juga penandatanganan bersama Ketua DPRD dengan Gubernur Sumsel atas Rekomendasi DPRD Sumsel kepada Gubernur Sumsel terhadap LKPJ Gubernur Sumsel TA 2020. (ADV/Sumsel)