BANYUASIN, GP — Menghadapi Pilkades serentak dalam wilayah Kabupaten Banyuasin pada bulan November 2021 mendatang, dikalangan masyarakat desa mulai ramai membicarakan untuk mencari para calon kades. Seperti halnya di Desa Talang Ipuh dimana ada isu bahwa masyarakat setempat banyak yang mendorong Eta Ismanto, S.Sos untuk ikut berkompetisi.

Terkait isu yang berkembang di masyarakat tersebut, garudapos.com pada Minggu (13/06) langsung menemui yang bersangkutan yang mana diketahui saat ini Eta Ismanto ini sedang menjabat selaku Ketua BPD Desa Talang Ipuh. Dari hasil pembicaraan yang santai tersebut, Eta sapaan akrabnya dengan tegas menjelaskan kalau dirinya belum terpikir untuk ke arah sana.

Kata dia, sebagai generasi penerus di Desa Talang Ipuh, Eta Ismanto, S.Sos yang saat ini menjabat selaku Ketua BPD Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin menuturkan kalau dirinya masih fokus untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya selaku BPD. Dia juga akan terus berbuat yang terbaik demi kepentingan masyarakat Desa Talang Ipuh sampai berakahir masa jabatannya di 2025.

Dirinya juga berusaha untuk tidak mengecewakan para pendukungnya dan masyarakat Desa Talang Ipuh pada umumnya yang telah menghantarkannya hingga terpilih menjadi BPD Desa Talang Ipuh sejak tahun 2019 silam. Hal inilah yang mendasari dirinya menolak keinginan masyarakat yang mendorongnya untuk calon Kades Talang Ipuh yang akan dilaksanakan pada bulan November 2021 mendatang.

“Intinya secara pribadi saya mau menyelesaikan tugas dulu selaku BPD, karena kami telah di sumpah sampai akhir masa jabatan BPD pada tahun 2025 dan saya tidak ingin menghianati serta mengecewakan masyarakan yang sudah memberi kepercayaan jabatan kepada saya sebagai BPD,” kata Eta yang juga saat ini menjabat Ketua PAC ABPEDNAS Kecamatan Suak Tapeh.

Dia juga menyampaikan bahwa terkait dengan Pilkades tahun 202I ini dimana saat belum ada edukasi tentang tahapan Pilkades untuk Desa Talang Ipuh.”Kami tegaskan bahwa kami selaku BPD belum dapat perintah baik dari kecamatan maupun DPMD Kabupaten untuk persiapan Pilkades, jadi masyarakat jangan terpancing isu- isu yang sipatnya memecah belah, mari kite bersatu untuk Desa Talang Ipuh damai bersama,”tutur dia.

Eta Ismanto memaparkan bahwa Badan Permusyawaratan Desa adalah lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang anggotanya merupakan perwakilan dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan yang ditetapkan secara musyawarah dan mufakat.

“Sesuai dengan Fungsi kami selaku BPD salah satunya adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa dan lain sebagainya.Ini tugas kami yang harus dijalankan,” tegas dia.

Lebih lanjut dikatakan dia, Sebagai lembaga terhormat dan strategis di desa, BPD memiliki fungsi, kewenangan dan kewajiban selaku anggota BPD yang besar dalam memastikan penyelenggaraan pemerintahan desa berjalan secara baik, akuntabel dan transparan.”Ini tanggung jawab saya kepada masyarakat Desa Talang Ipuh,” ucap dia.

Ketika disinggung terkait dengan adanya PAC ABPEDNAS Kecamatan Suak Suak Tapeh Eta menyebut bahwa maksud dan tujuan dari pembentukan PAC ABPEDNAS yaitu membangun komunikasi aktif menuju sinkronisasi antara BPD dengan BPD yang lain, BPD dengan Pemerintah Desa, BPD dengan Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten. Sehingga akan terwujud situasi dan kondisi yang kondusif di wilayah Kecamatan Suak Tapeh. (Adm)