Beranda Legislatif Diduga Sidak Bocor, Ketua DPRD Banyuasin Akan Laporkan ke Bupati

Diduga Sidak Bocor, Ketua DPRD Banyuasin Akan Laporkan ke Bupati

68

BANYUASIN, GP – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuasin Irian Setiawan angkat bicara terkait pemberitaan dugaan oknum pejabat di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuasin diduga membocorkan inspeksi mendadak (sidak) limbah perusahaan karet mencemari Sungai Desa Karang Anyar, Kecamatan Sumber Marga Telang.

Sidak dilakukan Kepala DLH Banyuasin Izzro Maita dan Ketua Komisi III DPRD Banyuasin Nurwahid, Darul Qutni dan anggota lainnya pada Selasa (09/06). Sidak tersebut dinilai terkesan sia-sia, karena limbah yang dilaporkan masyarakat tidak ditemukan.

“Terkait sidak yang dilakukan Kadis DLH dan Komisi III DRPD Banyuasin, saya akan melaporkan hal ini ke Bupati Askolani agar dinas terkait untuk dievaluasi kinerjanya,” ujar Irian Istiawan kepada wartawan Jumat (12/06)

Untuk itu, Irian minta kepada Organisasi Kemasyarakatn (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memiliki informasi dugaan oknum pejabat DLH ‘MAIN MATA’ dengan perusahaan untuk melaporkan hal ini ke Sekretariat DPRD Banyuasin.

“Jika terbukti ada oknum pejabat DLH Banyuasin yang main mata dengan perusahaan tersebut, ini sama saja melemahkan fungsi sebagai penegak hukum terhadap pihak yang melanggar peraturan lingkungan,” singgung Irian.

Sementara itu, Ketua Relawan Jaya Bersatu (RJB) Banyuasin Iswandi mengaku akan melaporkan hal ini kepada DPRD Banyuasin terkait dugaan oknum pejabat DLH yang menyalahgunakan kewenangan.

Dia menilai ada kecurangan yang dilakukan oknum penjabat DLH tersebut, sehingga hal ini mencederai undang-undang keterbukaan informasi.

“Sikap dan prilaku oknum ASN tentu membuat krisis kepercayaan terhadap kinerja DLH Banyuasin. Terlebih masih banyak kasus limbah perusahaan lainnya yang mencemar lingkungan, akan kami laporkan,” tandas dia. (Adm)