BANYUASIN, GP — Bupati Banyuasin, H Askolani Jasi didampingi Wakil Bupati dan Ketua TP PKK Banyuasin membuka Musorkab Komite Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Banyuasin yang bertempat di Auditorium Pemkab Banyuasin, Sabtu (03/03). Dalam Musorkab tersebut Herman Toni, resmi memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banyuasin, periode 2021-2025.

Pria karib disapa HT ini ditetapkan secara aklamasi sebagai pimpinan KONI Banyuasin setelah tim penjaringan menyatakan hanya satu pelamar bakal calon ketua. “Menetapkan saudara Herman Toni sebagai Ketua KONI Banyuasin,” ujar pimpinan sidang Musorkab, Salni Fajar selaku pimpinan Musorkab tersebut.

Dalam masa selama penjaringan dan penyaringan, HT dinyatakan didukung 34 pengurus cabang (pengcab) olahraga dari 37 pengcab yang terdaftar.
Administrasi berkas lamaran HT juga dinyatakan valid oleh tim penjaringan dan Penyaringan.

Dikesempatan itu Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH meminta kesetiaan atlet Banyuasin untuk tetap memperkuat Bumi Sedulang Setudung di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di OKU Raya, tahun ini. Jangan silau dengan uang, jangan cari uang, jangan mau memperkuat Kabupaten dan kota lain.
“Kalian orang Banyuasin harus memperkuat Banyuasin,” tegas Askolani.

Pengurus cabang olahraga pun, Bupati Askolani minta untuk tidak membeli atlet dari luar Banyuasin, berdayakan atlet Banyuasin sendiri. “Saya harapkan jangan beli atlet dari luar. Untuk apa kita juara kalau tidak ada putra Banyuasin di sana,” tegas dia.

Kemudian lanjut Askolani, Prestasi bukan segalanya untuk dikejar, jika harus memaksa pakai atlet bukan dari Banyuasin.Tak perlu juara pertama, kedua dan ketiga tidak apa-apa. Dan ntuk Musorkab KONI kali ini, dia berharap Ketua KONI yang baru dapat melebihi prestasi Ketua lama. “Di masa kepemimpinan Hazairin H Zabidi, atlet kita bahkan bisa go internasional, ini harus diimbangi bahkan melebihi oleh Ketua yang baru nanti,” harap dia.

Askolani juga meminta kepada Ketua KONI yang terpilih untuk tidak pelit membantu keuangan organisi keolahragaan ini.”Jangan pelit keluar uang untuk kemajuan olahraga di Banyuasin, ingat KONI ini bukan tempat mencari uang tapi tempat mencetak atlet hebat untuk Banyuasin,”tandas dia.

Dalam Musorkab ini turut hadir Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Soemosentono, Ketua TP PKK Banyuasin dr. Sri Fitriyanti Askolani, kepala OPD, hingga kepengurusan KONI Sumsel.(Adm)