BANYUASIN, GP – Koramil 430- 01/ Pangkalan Balai melalui jajaran Bhabinsa gencar melaksanakan penerapan Protokol Kesehatan terhadap warga agar selalu menjalankan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Menghindari Kerumunan) dimanapun berada untuk memutus mata rantai penularan Covid-19

Hal tersebut dengan cara melakukan pemasangan banner himbauan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menghindari Kerumunan) pada setiap Kantor Desa dan Kelurahan maupun ditempat – tempat umum di 76 desa dan Kelurahan dalam wilayah Koramil 430-01/ Pangkalan Balai.

“Saat ini kita terus gencar melakukan pemasangan banner himbauan 3M baik di Kantor Desa, Kantor Kelurahan maupun di tempat – tempat umum. Dan untuk diwilayah Koramil Pangkalan Balai kita melakukan pemasangan banner di 76 desa dan Keluahan di empat Kecamatan yakni Banyuasin III, Rantau Bayur, Pulau Rimau dan Selat Penuguan,” kata Sertu Asep, Senin (22/02).

Babinsa Koramil 430-01/ Pangkalan Balai Sertu Asep memberikan contoh dalam melaksanakan kebiasaan 3M yang salah satunya dengan menghimbau warga saat beraktivitas diluar ruangan agar wajib memakai masker.

“Peran Aktif Babinsa seperti ini akan berdampak langsung kepada warga sehingga kedisiplinan melaksanakan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta Menghindari kerumunan) akan dapat segera terealisasikan dengan cepat,” kata dia.

Menindaklanjuti hal tersebut, Babinsa Sertu Asep senantiasa bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan komponen Pemerintahan Desa dan Kelurahan untuk selalu bersama dan bergotong royong mendisiplinkan warga dengan melakukan Protokol Kesehatan guna menghindari penularan Covid – 19.

Menurut Sertu Asep, hal ini dilakukan sebagai Upaya penekanan Penyebaran Covid-19 untuk itu gencar dilakukan salah satunya dengan maskerisasi dan pendisiplinan protokol kesehatan terhadap masyarakat termasuk pemasangan banner 3M.

Dikonfirmasi Danramil 430-01/ Pangkalan Balai Kapten Inf Hasidin
mengatakan pemasangan banner yang berisikan tentang himbauan pembatas social distancing/jaga jarak di wilayah Koramil 430-01/ Pangkalan Balai
bertujuan untuk mengurangi interaksi dan juga mengurangi kontak tatap muka langsung dengan orang lain.

“Saat ini sudah dilakukan pemasangan banner himbauan pembatas social distancing. Terutama di wilayah yang memang butuh perhatian kita semua, seperti di daerah yang kurang terjangkau tentunya, seperti di 76 desa dan Kelurahan dalam empat Kecamatan,” ujar dia.

Lanjut dia, pemasangan banner himbauan 3M dilakukan di Kantor Kecamatan, Kantor – Kantor Desa dan tempat yang menjadi pusat keramaian, dengan harapan upaya yang dilakukan pihaknya ini bisa mengurangi penyebaran virus corona atau Covid-19 yang kini sudah menjadi wabah pandemi.

“Informasi kepada warga, yakni social distancing adalah mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, mengurangi kontak tatap muka langsung. Langkah ini termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti pasar, dan tempat-tempat pelayanan publik,” pungkas dia. (Adm)